Pulihkan UMKM dengan Atasi Covid 19

AKM • Friday, 27 Nov 2020 - 22:51 WIB

Jakarta - Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum bisa ditangani menimbulkan dampak yang luas. Hal ini berimplikasj terganggunya perekonomian Indonesia terutama sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Anggota Badan Sosialisasi MPR Fraksi Demokrat, Herman Khaeron mengatakan, UMKM masih akan sulit bangkit selama persoalan pandemi ini masih belum tertangani.

Menurutnya, posisi UMKM saat krisis moneter pada tahun 1998 menjadi jangkar untuk perbaikan ekonomi Indonesia. Sementara saat ini, UMKM merupakan bidang yang paling terdampak dari Covid-19.

"Saat 98 itu UMKM jadi jangkar penyembuh saat krisis ekonomi. Berbeda dengan situasi saat ini, saat ini yang terdampak paling awal dan dalam itu ya UMKM," kata Herman  dalam diskusi Empat Pilar Optimalisasi Pasar Online Bagi Pelaku UMKM, di Media Center DPR, Senayan, Jumat (27/11/20). 

Lebih jauh, Herman menuturkan langkah utama untuk memperbaiki perekonomian Indonesia adalah dengan menghilangkan sumber masalah utama yang ada saat ini, yakni pandemi Covid-19.

"Dalam pemikiran saya, kalau masalah ekonomi ini asap dan covid itu apinya. Jadi sebelum apinya padam, ya asap masih akan terus ada," terangnya.

"Jadi kalau Covid belum hilang, semua upaya yang kita lakukan dalam penangan masalah ekonomi akan sulit dilakukan," pungkas Herman. (AKM)