Bagus Kahfi Gagal Main di Eropa, Sejumlah Bintang Beri Semangat 

MUS • Tuesday, 1 Dec 2020 - 09:57 WIB

Jakarta - Mantan Striker Timnas U-16 Amiruddin Bagus Kahfi gagal bermain di Eropa dengan Klub FC Utrecht, setelah timnya saat ini tidak memberikan surat pelepasan hingga batas waktu 27 November lalu.

Harapan pemain yang identik dengan rambut kribonya itu untuk bermain di Eropa kini hilang, karena Barito Putera tidak memberikan surat pelepasan kepada klub asal Belanda itu. Padahal surat tersebut sangat berarti untuk pelepasan pemain.

Bagus dilirik FC Utrecht, saat mengikuti program Garuda Select yang dibangun oleh Mola TV. Bagus membela Garuda Select mulai 2018. Setelah permainannya berkembang semakin meningkat, Bagus kembali memperkuat Garuda Select Jilid II setahun berikutnya.

Di tengah Garuda Select berjalan, Bagus harus mengalami cedera rngkel parah. Cedera tersebut membuat pemain asal Magelang, Jawa Tengah itu harus menepi dan mengikuti program perawatan di Inggris dan berlanjut penyembuhan di Belanda bersama FC Utrecht.

Untuk bermain di Belanda bersama FC Utrecht, Bagus dibantu oleh pelatih Garuda Select Dennis Wise dalam hal melakukan negosiasi dan meyakinkan Bagus untuk bermain bersama klub tersebut. Perlu diingat pemain Indonesia sangat sulit untuk tembus bermain di Eropa, pasalnya tim-tim di Benua Biru lebih menaruh minat kepada pemain asal Afrika dan Brazil, yang secara kemampuan jauh di atas pemain Indonesia. 

Ungkapan kekecewaan

Saudara kembar dari Amiruddin Bagas Kahfa ini menuangkan kekecewaannya di media sosial. Ia menceritakan kekecewaannya dalam postingan foto dirinya sedang tersungkur kesakitan menahan cedera di lapangan. Ia juga menuliskan caption dengan kekecewaan atas janji yang ia terima untuk bermain di Eropa.

"Karena hal yang saya tidak mengerti, mimpi saya harus terhenti. Janji, janji, janji. Sayang kali ini tidak berarti," kata Bagus pada postingan diakun Instagramnya pada Sabtu (28/11/2020).

Mendengar saudara kembarnya kecewa karena gagal bermain di Eropa, Bagas Kahfa memberikan pesan untuk Bagus agar tetap semangat dan mencoba di lain kesempatan. "Jangan pernah merasa gagal, hidup harus terus berjalan. Semangat nggeh cah Bagus " tulis Bagas Kaffa dipostingan Instagram Sabtu (28/11/2020). 

Selain Bagas, pelatih Garuda Select juga memberikan semangat kepada Bagus. Ia menuliskan komentar dipostingan Instagram Bagus dengan nada sindiran kepada tim Bagus saat ini Barito Putera. 

"Barito putera you have let Bagus down, stopping him fulfilling his wonderful dream in european football stay strong my boy?" tulis Dennis Wise. 

Harapan Masih Ada 

Tentunya harapan Bagus untuk bermain di Eropa belum sepenuhnya sirna. Bagus masih bisa merasakan sengitnya kompetisi Eropa nantinya jika ia mau berjuang kembali. Bagus kini tengah menunggu pemulihan 100% atas cedera yang ia alami. Setelah cederanya sembuh Nagus akan bergabung dengan pemusatan latihan untuk ajang AFC U-19 di Uzbekistan. Setelah itu timnas U-19 akan menjadi tuan rumah pada ajang Piala Dunia U-20 pada tahun 2021. 

Kedua ajang itu dinilai Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dapat membuka peluang bagi Bagus, sebab jika ia masih konsisten bermain bagus, nantinya akan mengundang talent scout untuk merekrut dirinya bermain di Eropa. 

"PSSI saat ini juga menunggu kesembuhan Bagus Kahfi secara 100 persen dan ia akan dipanggil untuk bergabung ke timnas U-19. Kami yakin ia mampu bersaing di skuat timnas U-19 dan terbuka peluang dia bermain di Piala AFC serta Piala Dunia nanti. Bila ia mampu bermain apik di dua ajang tersebut pasti terpantau oleh banyak talent scout dan bisa saja bergabung ke klub di Eropa," ujar Indra Sjafri dikutip dari lama PSSI. (Han)