Ingin Tahu Perkembangan Berita di Seluruh Dunia? Semua ada Dalam Satu Genggaman di Kanal Global News RCTI+

MUS • Tuesday, 1 Dec 2020 - 11:42 WIB

Jakarta – Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat semakin menuntut kita untuk terus update terhadap semua peristiwa yang terjadi di seluruh dunia.  News Aggregator RCTI+ memiliki kanal Global yang khusus menyuguhkan berita-berita yang update, lengkap dan menarik dari seluruh belahan bumi. 

Proses pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru saja usai telah menarik perhatian dunia. Bukan hanya karena hasilnya akan ikut menentukan arah kebijakan politik, keamanan dan ekonomi dunia, namun juga karena Pilpres di Paman Sam kali ini menyuguhkan drama yang membuat heboh dan penuh kontroversi. Tak mengherankan, informasi tentang perkembangan Pilpres di Amerika menjadi berita yang trending. 

Di saat yang bersamaan di Benua Eropa dan Amerika, penyebaran Virus Covid-19 memasuki babak baru. Sejumlah negara Eropa seperti Inggris dan Prancis kembali melakukan lockdown. Oleh kerena itu perkembangan untuk menyiapkan vaksin penangkal Covid 19 juga terus dipantau oleh warga dunia. Dampak virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China tersebut ikut dirasakan oleh oleh seluruh dunia termasuk Indonesia.  

Masih banyak isu-isu menarik seputar masalah internasional. Di Asia, kita bisa meneropong bagaimana perkembangan China menjadi negara superpower yang menandingi kedigyaan Amerika Serikat termasuk dalam konflik Laut China Selatan.  Termasuk juga berita-berita tentang ASEAN, dimana Indonesia menjadi salah satu anggotanya. 

Tidak lupa, Kanal Global di News RCTI+ juga menghadirkan berita-berita hangat tentang Timur Tengah sebagai kawasan yang tidak pernah sepi dengan konflik. Ada konflik Israel-Palestina, konflik Suriah, isu Nuklir Iran hingga perseteruan Arab Saudi dengan Iran. Di luar negara yang berkonflik, kita juga bisa melihat kemajuan sejumlah negara di kawasan tersebut. Sebut saja Uni Emirat Arab (UEA), Qatar hingga Arab Saudi yang kini tumbuh menjadi negara yang terus berbenah dan lebih terbuka. 

Berita-berita update dari seluruh belahan dunia seperti di atas disajikan secara menarik di kanal Global, News RCTI+. “Berita-berita dari mancanegara memang selalu menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian dari para pembaca News RCTI+,’’ kata Co-Managing Director RCTI+, Valencia Tanoesoedibjo. Bahkan sering kali berita di Kanal Global News RCTI+ menjadi trending dan viral. Masyarakat semakin mengerti akan pentingnya informasi termasuk berita-berita internasional.   

Kanal Global tidak hanya menghadirkan berita seputar politik, keamanan dan hubungan antara negara di dunia. Lebih dari itu. Berita unik, lokasi wisata favorit, ragam budaya termasuk kuliner khas dari berbagai negara tersaji di Kanal Global, News RCTI+. Termasuk juga berita mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penemuan-penemuan penting lainnya yang bisa mengubah peradaban manusia. 

Perkembangan berita ekonomi global juga ter-update dan tersaji dengan lengkap. Ditambah lagi dengan analisa dari para ekonom kelas dunia, yang mencoba memprediksi kapan resesi global akibat pandemik ini akan berlalu. Pendek kata, informasi apa pun mengenai apa yang terjadi di dunia dapat ditemukan di News RCTI+. 

News RCTI+ mendapatkan suplai berita-berita berkualitas terkait isu-isu internasional dari para publisher papan atas dan terpercaya. Sejauh ini sudah ada 38 publisher yang setiap hari mengisi berita-berita berkualitas ke News RCTI+. Publisher yang sudah bergabung di antaranya: Okezone.com, Sindonews.com, Inews.id, Republika.com, Jawapos.com, Bisnis.com, Brilio.net, Tabloidbintang.com, Keepo.me, Indozone, Radarjogja, Indosport, dan puluhan publisher lainnya. Dalam waktu dekat, puluhan publisher lain juga akan bergabung ikut menghiasi News RCTI+. ‘’Semakin banyak publisher tentu akan terus memperkaya berita yang ada di News RCTI+. Masyarakat akan semakin memiliki banyak pilihan untuk menikmati berita yang disukai dan dibutuhkan di News RCTI+,’’ papar Valencia. 

News RCTI+ tidak hanya meyajikan berita-berita internasional. Selain Kanal Global, News RCTI+ memiliki13 kategori berita yang tidak kalah menarik dan juga lengkap. Kanal lainnya yang dapat dibaca di News RCTI+ adalah Berita Utama, Terkini, Popular, Infografis, Travel, Muslim, Teknologi, Otomotif, Seleb, Nasional, Sport, Gaya Hidup dan Ekonomi. Dari 38 publisher, ada 7.000 hingga 9.000 berita dari berbagai kategori yang masuk ke News RCTI+. Dari total berita yang ada, 6,5% atau sekitar 585 berita lebih berisi tema-tema isu internasional dari berbagai bidang. 

Ribuan berita dari 38 publisher tidak langsung lolos masuk begitu saja tayang di News RCTI+. Ada tim kurasi dari para jurnalis senior yang bertugas menyaring semua berita sebelum ada di News RCTI+. ‘’Berita hoaks, berita yang mengandung unsur SARA dan  pornografi dipastikan tidak ada. Hanya berita pilihan yang bisa tayang di News RCTI+,’’ jelas Valencia. 

Kurasi yang kuat serta sajian data infografis di News RCTI+ menjadi pembeda dengan yang lain. News menjadi satu bagian penting dari lima pilar yang ada di Super Apps RCTI+. Selain news, empat pilar lainnya yang ada di RCTI + adalah video, audio, home of talent (HOT), dan games. Dengan perkembangan yang pesat, News RCTI+ tumbuh menjadi sebagai sebuah news aggregator yang mulai mendapat perhatian di masyarakat. Hal ini tidak lepas dari kualitas berita yang dihadirkan benar-benar baik dan dibutuhkan banyak orang.