Gotong Royong Peduli Sampah, PT Pertamina Lubricants Hadirkan Program Sampah Tukar Oli di Jakarta Utara

MUS • Monday, 7 Dec 2020 - 14:29 WIB

Jakarta – Sebagai bentuk perhatian perusahaan dan stakeholders terhadap peningkatan kualitas lingkungan yang lebih baik, PT Pertamina Lubricants, anak usaha PT Pertamina (Persero), melalui salah satu pabriknya Production Unit Jakarta (PUJ) turut berpartisipasi dalam mendorong kepedulian dan kesadaran masyarakat sekaligus memecahkan masalah sampah dengan menghadirkan program Sampah Tukar Oli, melalui Bank Sampah Berkah Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara.

Program dibuka dan diresmikan oleh Camat Kecamatan Koja Ade Himawan dengan pemberian piagam penghargaan kepada nasabah Bank Sampah Berkah terbaik dan melakukan penimbangan berat sampah yang berhasil dikumpulkan oleh nasabah dalam tiga bulan terakhir. Acara juga dihadiri oleh Lurah Tugu Selatan Sukarmin, Perwakilan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan, Achmad Sobirin, dan jajaran Taskforce CSR PUJ.

Selain meresmikan program, PUJ juga menggelar kegiatan ganti oli dan servis ringan gratis untuk kendaraan roda dua para nasabah Bank Sampah Berkah. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protocol Covid-19 3M, yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan.

Manager Production Unit Jakarta, Yus Ardianto menyampaikan bahwa menumbuhkan kepedulian warga terhadap sampah merupakan pekerjaan rumah bagi setiap lapisan masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan di Kelurahan Tugu Selatan dimana kepedulian terhadap sampah mulai disosialisasikan untuk menjadi tanggung jawab bersama melalui Bank Sampah Berkah.

"Di tahun 2020 ini, kami bersinergi dengan Bank Sampah Berkah untuk memberikan stimulus kepada masyarakat melalui kegiatan sosialisasi keliling dan sistem jemput sampah untuk para nasabah. Kegiatan ini diharapkan dapat terus dilakukan secara berkelanjutan dan semakin memupuk rasa kepedulian masyarakat terhadap sampah dan dampaknya kepada lingkungan," katanya.

Yus juga menambahkan bahwa Program Bank Sampah Berkah merupakan program CSR unggulan PUJ dibidang lingkungan yang memiliki harapan besar dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta memberikan dampak ekonomi secara nyata bagi masyarakat.

"Selain menabung sampah dan dapat ditukar dengan Oli Pertamina, sampah juga dapat dimanfaatkan kembali menjadi suatu kerajinan yang bernilai ekonomi, seperti kerajinan furniture drum bekas non-b3 yang sudah dimanfaatkan oleh tim Kreatif Bank Sampah Berkah. Kami terus mengajak masyarakat Kelurahan Tugu Selatan lainnya untuk menyampaikan ide dan inovasi lainnya untuk dalam kita kembangkan bersama," tutup Yus.

Program Sampah Tukar Oli ini diperuntukkan bagi nasabah Bank Sampah Berkah dengan cara menukarkan 10Kg sampah dengan 1 liter pelumas Pertamina atau akumulasi tabungan sampah minimal 10kg dalam jangka waktu 3 bulan.

Bank Sampah Berkah bekerjasama dengan PT Pertamina Lubricants menyediakan berbagai jenis pelumas yang disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan roda dua masing - masing nasabah seperti Enduro Matic, Enduro Matic G, Enduro Racing, Enduro 4T, dan Prima XP.

Camat Koja, Ade Himawan menyampaikan rasa apresiasinya yang sebesar-besarnya atas hadirnya program Sampah Tukar Oli ini. "Semoga dengan diadakannya program ini masyarakat menjadi lebih semangat untuk terus menabung sampah sehingga permasalahan lingkungan dapat diselesaikan secara gotong royong Semoga kegiatan seperti ini dapat dicontoh di wilayah lain dan dapat berjalan secara berkelanjutan," tuturnya.

Perwakilan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara Achmad Sobirin, juga menyampaikan pentingnya inovasi yang terus menerus dalam hal pengendalian dsn daur ulang sampah. “Ini pencapaian yang bagus untuk Bank Sampah Berkah. Inovasi seperti menjemput sampah, menyediakan kantong sampah, dan buku tabungan ini layak diteruskan secara berkesinambungan. Jelas kegiatan ini memberikan dampak yang luar biasa untuk pengurangan sampah di wilayah Jakarta Utara. Semoga kegiatan seperti ini terus meluas ke seluruh lapisan masyarakat. Kami juga ucapkan terimakasih untuk PT Pertamina Lubricants atas dukungannya terhadap Bank Sampah Berkah," ujar Achmad.

Sependapat, Lurah Tugu Selatan Sukarmin, juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PT Pertamina Lubricants bahwa melalui program Bank sampah ini masyarakat mendapat manfaat yang banyak selain dari lingkungan yang bersih juga bisa meningkatkan kesejahteraan warga.

Sejak tahun 2018 Production Unit Jakarta telah ikut berpartisipasi mengembangkan Bank sampah Berkah di Kelurahan Tugu Selatan dengan memberikan berbagai macam bantuan seperti pelatihan pengelolaan sampah dan bantuan peralatan seperti mesin cacah dan mesin press sampah plastik.

Saat ini, Bank sampah Berkah telah memiliki 200 nasabah aktif melalui 4 unit kecil Bank sampah di lingkungan Rukun Tetangga. (Mus)