Mendagri Jamin Pilkada Siap Digelar Besok

MUS • Tuesday, 8 Dec 2020 - 16:28 WIB

Jakarta - KPU maupun pemerintah menyatakan bahwa Pilkada Serentak 2020 yang akan digelar besok sudah siap. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan bahwa pada prinsipnya semua daerah pilkada juga sudah siap melaksanakan pemungutan suara besok pada 9 Desember.

"Jadi prinsipnya siap. Semua daerah juga siap juga. Dan di-follow up dengan rakor tiap-tiap daerah. Karena memang sekali lagi tidak bisa kerja sendiri. Ini memerlukan kekompakan antara KPU, Bawaslu. Kemudian aparat keamanan, polri, TNI, satpol PP dan lain-lain. Termasuk parpol dan paslonnya sendiri," katanya seusai rapat koordinasi kesiapan tahapan pemungutan suara Pilkada serentak, Selasa (8/12/2020).

Tito juga menyebut bahwa dari sisi anggaran semuanya telah terealisasi 100% baik untuk KPU, Bawaslu dan pengamanan. Dia juga menyebut bahwa bantuan anggaran pilkada dari APBN sebesar Rp4,3 triliun juga sudah terealisasi. 

"Untuk KPU Bawaslu, terutama itu juga sudah dalam rangka untuk alat perlindungan proteksi masker, sarung tangan dan lain-lain, itu semua sudah selesai," katanya.

Lalu berkaitan dengan regulasi juga sudah siap. Sementara terkait pengamanan, Tito mengatakan sudah diantisipasi.

"Tadi Asops Kapolri menyampaikan ada beberapa daerah rawan tapi sudah diantisipasi. TNI sudah siap untuk melakukan back-up, Kemudian dari Bawaslu juga siap untuk bertindak tindak. DKPP akan mengawasi dan tentu akan tegas juga," katanya.