LSP KPK Gelar Assessment Penyuluh Anti Korupsi Secara Virtual

MUS • Tuesday, 8 Dec 2020 - 21:04 WIB

Kendari - Inspektur Kota Kendari Syarifuddin, mengikuti kegiatan Pembukaan Assesment Jarak Jauh Penyuluh Anti Korupsi Angkatan 4/Pratama jalur pengalaman LPL Best IV, yang diselenggarakan oleh LSP KPK secara Virtual, Selasa (08/12/2020).

Inspektur mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari ini adalah Asesmen Jarak jauh (AJJ) Terkait Penyuluh Anti Korupsi yang dilaksanakan secara Virtual oleh LSP KPK," ungkap inspektur.

Lebih lanjut Inspektur mengatakan, terkait kegiatan ini KPK tidak bisa berkerja dengan sendirinya sehingga membutuhkan keterlibatan seluruh elemen.

"Lembaga Sertifikasi Propesi KPK membentuk para penyuluh Anti Korupsi yang semua Elemen boleh mengikutuinya baik dosen OPD dll. sejak tahun lalu kami disarankan agar seluruh pimpinan APIP itu bisa menjadi penyuluh Anti Korupsi,” katanya.

Inspektur juga mengatakan, untuk menjadi penyuluh Anti Korupsi harus melalui beberapa proses.

"Jenjang Penyuluh Anti Korupsi itu Mulai dari Pertama, Muda, Madya dan Utama. dari ke 4 jenjang ini terbagi menjadi dua jalur, ada Jalur Pendidikan, ada jalur pengalaman . sementara untuk Jalur APIP sendiri melalui jalur pengalaman, Untuk Asesmen Tingkat Muda," terang Inspektur.

Sebagai APIP Syarifuddin mengatakan, mencegah korupsi harus  dimulai dari Hal-hal yang kecil, sederhana, memulai dari diri kita sendiri Karena tidak cukup hanya sekedar ucapan tapi yang terpenting adalah tindakan dan bagaimana kita dapat menjadi contoh .

"Kita ingin Kota Kendari ini dapat mewujudkan Visi Misi Sebagai Kota Layak Huni Yang Berbasis Ekologi, Informasi Dan Teknologi Sehingga pembangunan penyelenggaraan Pemerintah dan kehidupan kemasyarakatan dapat bebas dari korupsi,"Tutupnya

Sementara Kasatgas Sertifikasi Mita Koto mengawali sambutanya pada acara AJJ Penyuluh Anti Korupsi mengatakan. Dirinya menyadari bahwa proses menjadi penyuluh anti korupsi itu tidak gampang dan membutuhkan kesabaran serta ketekunan setiap tahapanya Semoga kesabaran dan ketekunan Bapak/Ibu semua bisa mewujudkan harapan Indonesia bebas dari Korupsi. 

"Harapan ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh KPK diperlukan dukungan dan kerjasama dari segenap lapisan masyarakat termasuk Bapak/Ibu yang hadir dalam kegiatan ini,"Ungkapnya

Lebih lanjut dirinya mengatakan, Setiap tanggal 9 Desember di peringati sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia dimana tahun ini mengangkat tema "Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa  Dalam Budaya Anti Korupsi"

"Tema Seluruh Elemen Bangsa selalu di angkat dalam pencegahan Korupsi karena seperti yang kita fahami bersama upaya pencegahan korupsi hanya bisa dilakukan dengan efektif, berdampak Ketika Melibatkan seluruh elemen bangsa sesuai dengan kedudukan dan kapasitasnya masin-masing,"Jelasnya.

Menutup Sambutannya Mita Gato mengatakan, para calon master tidak perlu kawatir dalam menjalankan Asesmen nanti.

"Para Asesor  bertugas hanya memastikan bahwa Asesi Kompeten untuk menjadi seorang penyuluh Anti Korupsi. Jika Nanti Bapak/Ibu sudah dinyatakan kompeten sebagai Penyuluh Anti Korupsi diharapkan bisa menjadi Agen-agen perubahan dilingkungan Masing-masing yang memberi warna dan turut bersama KPK memberantas korupsi. Teruslah bergerak dan selalu siap beraksi melakukan kegiatan Penyuluhan Anti Korupsi dan berkontribusi menju Indonesia bebas dari Korupsi," tutup Mita Koto. (Heng)