BPJS Kesehatan dan KUMPUL Gelar Kompetisi BPJS Visualthon 2020

ANP • Tuesday, 8 Dec 2020 - 22:24 WIB

Jakarta - Sebagai penyelenggara Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan memprioritaskan kepuasan dan kenyamanan para pesertanya dalam mengakses layanan kesehatan, BPJS Kesehatan juga terus menciptakan inovasi digital untuk memberikan solusi dan kemudahan bagi peserta JKN-KIS.

Untuk itu, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan KUMPUL, menginisiasi ajang "BPJS Visualthon 2020". Program yang ditujukan untuk developer, data scientist, praktisi IT, maupun kalangan umum ini, mengajak masyarakat, baik individu atau tim, untuk menggali kreativitas dan inovasi melalui pengolahan dan visualisasi data demi menghadirkan solusi yang dihadapi BPJS Kesehatan dalam pengelolaan data terkait pelaksanaan Program JKN - KIS.

"Jadi bagi Anda warga negara Indonesia yang memiliki minat pada data intelligence, passion pada pengolahan data dengan approach yang kreatif dan inovatif, silakan mengikuti BPJS Visualthon 2020," kata Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf,  Selasa (08/12).

Melalui tahapan Hackathon dan Final Demo Day, para peserta akan ditantang untuk membangun dashboard dengan visual data terbaik, kreatif, dengan fitur dan kegunaan yang tepat dan menarik. Tiga visualisasi data terbaik akan mendapatkan hadiah menarik dari BPJS Kesehatan.

“Kami menyadari bahwa pengadopsian teknologi di bidang jaminan pelayanan kesehatan sangat penting. Hal ini tidak terlepas dari adanya perubahan perilaku dan gaya hidup masyarakat Indonesia yang serba mobile dan digital. Dengan demikian, meski di tengah pandemi saat ini, harapannya generasi milenial yang ahli di bidang IT dapat berkontribusi untuk menyalurkan ide terbaiknya demi kemajuan teknologi di bidang pelayanan kesehatan,” ungkap Iqbal.

Peserta bisa berpartisipasi dengan maksimal tiga orang atau sendiri, dan mendaftar di BPJS Visualthon 2020. Pendaftaran dibuka mulai 4 Desember 2029 hingga 14 Desember 2020 melalui website visualthon2020.bpjs-kesehatan.go.id.(ANP)