Belasan Ribu Petugas KPPS di Jatim Reaktif Covid -19

MUS • Wednesday, 9 Dec 2020 - 09:47 WIB

Surabaya - 15 ribu petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 19 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, dinyatakan reaktif virus Corona (Covid-19).

“Kami sudah melakukan testing 470.000 orang lebih kepada seluruh petugas KPPS. Yang reaktif sekitar 15.000 lebih,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Choirul Anam kepada wartawan usai menghadiri vidcon dengan Mendagri bersama Gubernur, Forkompimda dan Bawaslu terkait kesiapan Pilkada Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Secara rinci Anam menjelaskan, dari 15 ribu petugas KPPS yang reaktif Covis-19 itu, tertinggi angka reaktifnya ada di Pasuruan 10,1 persen. Tempat kedua diduduki Jember 9 persen.

“Sebenarnya, angka itu tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan jumlah petugas KPPS 470.000 orang. Hanya 2 persen yang reaktif. Karena, masing-masing Kabupaten/Kota berbeda persentasenya,” ujarnya.

Meski puluhan ribu petugas KPPS reaktif Covid-19, Anam menyatakan reaktif ini bukan diartikan positif Covid-19. Ada yang reaktif, namun setelah dilakukan tes swab, hasilnya negatif. Sementara yang positif sudah dilakukan upaya pergantian. Sehingga pilkada tetap aman dari ancaman klaster covid - 19.

" Yang reaktif sudah kita swab. Ada yang negatif otomatis bisa melanjutkan tugas. Sementara yang positif kita ganti yang lain " pungkas Anam. (Her)