Libur Akhir Tahun, Astra Infra Kampayekan Aman dan Asyik di Jalan Tol

FAZ • Thursday, 10 Dec 2020 - 16:17 WIB

Jakarta - Di tengah pandemi yang masih melanda Indonesia, momen Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru) menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, Nataru di tengah pandemi Covid-19 menuntut masyarakat untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan.ASTRA Infra, sebagai kelompok usaha ASTRA yang telah berkontribusi diinfrastruktur jalan tol sepanjang 357,6 km, menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan jelang Natal dan Tahun Baru 2021 kepada pengguna jalan tol di tengah pandemi.

Pada acara Virtual Media Gathering yang berlangsung pad Kamis (10/12/2020), ASTRA Infra berbagi informasi tentang kesiapan layanan Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru) di tengah pandemi dan kampanye Nataru Aman & Asik (Ayo Mengikuti AturaN & Ayo Selalu Ikuti protokol Kesehatan).

Group CEO Astra Infra Toll Road, Djap Tet Fa mengatakan, ASTRA Infra tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dan terus meningkatkan kontribusinya untuk kemajuan infrastruktur di Indonesia, mulai dari pengembangan bisnis, pengoperasian dan pengelolaan jalan tol hingga Rest Area.

"Beberapa pencapaian ASTRA Infra di tahun 2020 antara lain adalah pengoperasian Resta Pendopo KM 456 Tol Semarang-Solo, Rest Area Bale Nglaras 487 Tol Semarang – Solo, pengoperasian Simpang Susun Balaraja Timur Tol Tangerang-Merak, pelebaran lajur ke-3 ruas Balaraja Barat -Cikande Tol Tangerang-Merak, serta Ground breaking Jalan Tol Akses BIJB Kertajati pada September2020," ujar Tet Fa.

“Kami juga telah menambah portofolio ke-7 Jalan Tol dengan mengakuisi 100% saham di PT Jakarta Marga Jaya dan menjadi pemilik 35% saham PT Marga Lingkar Jakarta yang merupakan BUJT Ruas Tol JORR I W2N (Kebon Jeruk-Ulujami)," sambung Tet Fa.

Sementara itu, CEO Toll Road Business Group, Krist Ade Sudiyono menjelaskan, jelang momen akhir tahun, ASTRA Infra telah melakukan persiapan yang menyeluruh untuk melayani pengguna jalan tol agar dapat menikmati liburan Nataru yang Aman dan Asik.

“Pengguna tol agar tetap bijak merencanakan liburan Natal dan Tahun Baru 2021”, imbau Krist.

Ia menambahkan Keselamatan Berkendara merupakan ajakan kepada para pengguna jalan tol yang diwujudkan dalam Kampanye Bulan Keselamatan Berkendara 2020. Implementasi kampanye ini adalah berupa tindakan preventif untuk menekan angka kecelakaan yang diakibatkan oleh faktor manusia seperti mengantuk, kelelahan, tidak konsentrasi, kecepatan tinggi dan lain sebagainya. Kampanye Bulan Keselamatan Berkendaran tersebut dilakukan melalui program 3E (Engineering, Education danEnforcement).

ASTRA Infra bersama dengan kepolisian daerah setempat juga telah menyiapkan manajemen lalu lintas untuk keadaan situasional. Bagi pengguna jalan tol yang memerlukan informasi maupun bantuan saat di jalan tol, ASTRA Infra juga memastikan bahwa petugas call center selalu siaga 24 jam. Untuk pengguna jalan tol yang merasa lelah dan memerlukan istirahat, ASTRA Infra telah menyediakan 11 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) tipe A dan 12 tipe B dengan berbagai fasilitasnya salah satunya Resta Pendopo KM 456 Tol Semarang-Solo yang baru dioperasikan tahun inidan merupakan smart destination dengan sky bridge pertama di jalan tol yang ada di Indonesia.