LIPI: Teknologi Biorefinari, Dongkrak Nilai Biomassa Hingga Limbahnya

FAZ • Friday, 11 Dec 2020 - 10:19 WIB

Cibinong - Biorefineri merupakan salah satu teknologi yang banyak dikembangkan dunia termasuk Indonesia. Teknologi ini merupakan perkembangan dari teknologi konversi biomassa, dengan pendekatan yang lebih terintegrasi. 

“Konsep dan aplikasi biorefineri di Indonesia masih terus dikembangkan. Oleh karena itu diperlukan upaya evaluasi berkelanjutan terhadap perkembangan biorefineri dalam menyiapkan data base bahan baku yang digunakan, proses produksi, dan juga produk yang dihasilkan” jelas Puspita Lisdiyanti, Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Puspita mengungkapkan, saat ini Biorefineri telah diaplikasikan pada berbagai industri strategis baik pangan, pakan, farmasi, kesehatan, lingkungan, dan energi.

“Konsep Biorefineri bertujuan membuat berbagai produk turunan berbasis biomassa dengan pendekatan bioteknologi. Teknologi Biorefineri penting terutama untuk meningkatkan pemanfaatan sumber biomassa karbohidrat selulosa yang melimpah dari berbagai industri perkebunan, pertanian, dan kehutanan, serta pemanfaatan koleksi mikroba lokal dan sumber genetikanya yang akan menjadi satu kunci penting dalam teknologi Biorefineri tersebut” ungkapnya.

Dirinya memperjelas bahwa dengan tersedianya sumber biomassa dan mikroba yang tidak terbatas, maka melalui Biorefineri terpadu akan dapat dihasilkan berbagai jenis produk berbasis bioresource lokal, dan akan bernilai lebih kompetitif di masa depan.

“Ke depan kami sangat mengharapkan terwujudnya jalinan kerjasama triple helix antara pemerintah, akademisi dan industri dengan harmoni yang lebih baik sebab hal ini merupakan upaya penguatan ekosistem riset dan inovasi untuk menumbuhkan perkembangan ekonomi dan sosial. Semoga apa yang kita lakukan hari ini bermanfaat bagi kemajuan Indonesia dalam menghasilkan produk-produk hasil inovasi anak bangsa” harap Puspita.

Sementara itu, Koordinator Pusat Unggulan IPTEK Biorefineri Terpadu LIPI, Ahmad Thontowi menyampaikan bahwa dalam rangka mengetahui perkembangan terkini kegiatan riset biorefineri dan hasilnya tahun 2020, serta membuat evaluasi keberadaan PUI Biorefineri dengan lembaga/instansi lainnya, maka PUI Biorefineri Terpadu-Puslit Bioteknologi LIPI mengadakan webinar biorefinery sebagai forum group discussion bagi pihak-pihak yang berkecimpung dalam bidang biorefineri.

Dirinya menambahkan bahwa webinar PUI Biorefineri 2020 diadakan untuk mempertemukan para peneliti Indonesia, dosen perguruan tinggi, pengusaha dari industri, dan pemegang kebijakan untuk berdiskusi dan berbagi informasi riset terkait perkembangan biorefineri di Indonesia.