Anugerah ASN 2020, Wapres Minta ASN Terus Gali Inovasi

AKM • Tuesday, 15 Dec 2020 - 07:53 WIB

Jakarta – Tiga aparatur sipil negara (ASN) terbaik dari setiap kategori Anugerah ASN 2020 telah dianugerahi Piala Adhigana. Tiga kategori dalam Anugerah ASN 2020 tersebut yakni PNS Inspiratif, Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan, dan The Future Leader. Penghargaan ini sebagai apresiasi bagi ASN yang telah membuktikan torehan prestasi, terobosan, serta kontribusi nyata bagi organisasi dan masyarakat. 

Pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan Anugerah ASN 2020. Ia berpesan kepada seluruh ASN agar secara aktif untuk terus melakukan inovasi, menggali gagasan baru yang kreatif, mencari model bisnis yang memiliki nilai tambah dan mengelola cara kerja baru yang berkelanjutan (continuous improvement).

“Dalam alam kompetisi yang ketat, hanya birokrasi dan ASN yang bekerja secara inovatif yang akan mampu bersaing dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” ujar Wapres Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan dalam puncak Anugerah ASN 2020, di Jakarta, Senin (14/12).

Menurutnya, kemajuan suatu bangsa didukung oleh SDM yang unggul dan berkualitas, sehat, berdaya saing dan berakhlak mulia. SDM unggul salah satunya berasal dari ASN yang mengemban tugas sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional. 

Hal ini membuat ASN memiliki peran strategis dalam mengantarkan Indonesia menuju birokrasi berkelas dunia. Untuk itu, Anugerah ASN 2020 dapat dijadikan momentum untuk mendorong ASN terus berinovasi dan membuktikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan bangsa. “Saya harapkan kepada seluruh penerima penghargaan agar terus menginspirasi dan berinovasi memberikan karya-karya terbaiknya kepada bangsa dan negara,” tutur orang nomor dua di Indonesia ini. 

Wapres Ma’ruf Amin juga mengungkapkan apresiasinya kepada Kementerian PANRB yang telah menyelenggarakan ajang Anugerah ASN sebagai satu bentuk penghargaan bagi ASN dengan kinerja melampaui ekspektasi, organisasi, dan masyarakat. Pada kesempatan tersebut, ia juga berpesan agar Kementerian PANRB terus menjaga iklim yang kondusif bagi birokrasi dan ASN.

Praktik-praktik terbaik juga harus ditemukan dan digali untuk dapat dijadikan standar kompetensi dan layanan yang dapat diaplikasikan secara regional maupun nasional melalui transfer pengetahuan dan berbagai pengalaman. “Pusat-pusat keunggulan dan inovasi birokrasi harus terus dikembangkan untuk mewujudkan birokrasi kelas dunia,” tegas Wapres Ma’ruf Amin.

Penganugerahan Piala Adhigana disertai sertifikat dan hadiah dilakukan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, dan Plt. Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko. Kegiatan dilakukan dengan jumlah undangan dan peserta yang terbatas sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pada kesempatan tersebut, Menteri Tjahjo mengungkapkan tujuan utama Kementerian PANRB menginisiasi ajang Anugerah ASN adalah untuk memberikan rangsangan kepada seluruh ASN agar berani menciptakan inovasi. 

Dengan penyelenggaraan Anugerah ASN secara rutin setiap tahun, Menteri Tjahjo optimis bahwa kedepannya ASN akan terdorong untuk semakin profesional, semakin menunjukkan talentanya, berani mengambil keputusan dan berani membuat berbagai inovasi. “Dan nantinya menjadi panutan masyarakat, yang mana ASN itu mampu melayani, menggerakkan, dan mengorganisir masyarakat di lingkungan dia berada,” kata Tjahjo dalam sambutannya.

Ajang Anugerah ASN merupakan salah satu implementasi dalam strategi manajemen SDM ASN, yaitu adanya penilaian kinerja dan pemberian penghargaan _(reward)._ Hal ini turut mendukung salah satu dari lima program prioritas Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin untuk menuju Indonesia maju, yaitu pembangunan SDM unggul. 

Menutup sambutannya, Menteri Tjahjo kembali memberi selamat bagi para penerima Piala Adhigana maupun kandidat yang telah masuk ke dalam Top 10 Anugerah ASN 2020. Ia mengatakan semua kandidat yang telah mengikuti seluruh rangkaian seleksi Anugerah ASN 2020 adalah yang terbaik. Ia pun berharap agar ASN terus berprestasi dari tahun ke tahun. “Selamat berprestasi buat ASN kita, selamat untuk ASN kita yang harus produktif, berani mengambil keputusan, melayani, menggerakkan dan mengorganisir masyarakat, serta ASN yang tetap disiplin pada protokol kesehatan,” pungkas Tjahjo.

Mereka yang dianugerahi  Piala Adhigana diantaranya dengan  kategori Top 3 PPT Teladan yaitu: 

1. Charlie D. Heatubun – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat

2. Diana Kusumastuti – Direktur Bina Penataan Bangunan, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

3. Herman Suryatman – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang. 

(AKM)