Bersama di Tengah COVID-19, Hari Juang TNI AD 2020 Hadirkan Senyum Warga Kolaka

MUS • Tuesday, 15 Dec 2020 - 08:39 WIB

Kolaka - Jauh dari riuh keramaian, di tengah pandemi COVID-19 berbagai aktivitas bhakti sosial dan karya bakti jajaran Kodim 1412/Kolaka, tidak hanya  menumbuhkan semangat kebersamaan namun juga menghadirkan senyum gembira warga di Kolaka.

Hal itu disampaikan Dandim 1412/Kolaka Letkol Inf Risa Wahyu Puji Setiawan dalam rilisnya, Kolaka, Sultra, Senin (14/12/2020).

Dijelaskan Dandim, Hari Juang TNI AD merupakan momen peringatan untuk mengenang semangat kebersamaan dan perjuangan para pejuang kemerdekaan dibawah pimpinan Panglima Besar Jenderal Sudirman, ketika itu masih berpangkat Kolonel, merebut dan mempertahankan Indonesia dari penjajah di tahun 1949.

"Peristiwa heroik ketika itu tanggal 15 Desember 1945, para pejuang dibawah pimpinan Jenderal Sudirman berhasil merebut dan mempertahankan kota Ambarawa dari penjajah," ujar Letkol Inf Risa Wahyu.

Risa Wahyu menggambarkan bahwa di masa itu semangat kebersamaan para pemuda dan pemudi bangsa berhasil menjadi senjata utama dalam mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia.

"Ini tentu relevan dengan kondisi sekarang, dimana wabah COViD 19 yang mendera bangsa Indonesia bahkan dunia, hanya dapat dilawan dengan semangat kebersamaan dan kepedulian sesama anak bangsa," kata Risa 

"Tidak usah terlalu tinggi atau besar, cukup lakukan apa yang bisa kita berikan agar yang lain bisa tersenyum," tambahnya sembari tersenyum.

Lebih lanjut disampaikannya, sebagaimana semangat kebersamaan para pejuang di masa lalu, menjadikan momen peringatan yang dulu dikenal dengan Hari Juang Kartika itu sebagai wahana untuk memadukan kembali kebersamanan atau kemanunggalan antara TNI AD dengan seluruh komponen bangsa dalam meneruskan cita -cita perjuangan bangsa Indonesia .

"Tema tahun ini Bersama Kita Bisa, menegaskan kembali tekad dan semangat kita yaitu TNI AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat. Tiada kekuatan yang lebih dahsyat, selain Kemanunggalan TNI dan seluruh Rakyat dalam mempertahankan keutuhan dan kedaulatan bangsa Indonesia," tegas mantan Danyonif 501/BY Kostrad itu.

Terkait dengan kegiatan peringatan tahun ini, dikatakan Risa semuanya berlangsung sangat sederhana dan jauh dari riuh keramaian.

"Komitmen pimpinan TNI AD, semua kegiatan dilaksanakan secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan, yaitu dari mulai donor darah, karya bakti pembersihan sarana atau fasilitas umum, tempat ibadah dan besok kita gelar acara doa bersama secara serentak," terang Risa.

Selain itu, lanjutnya, dalam kesempatan ini Pangdam XIV/Hsn yaitu Mayjen TNI Andi Sumangerukka membagikan sembako bagi warga Kolaka Raya sejumlah 1.000 paket dari total 6.750 paket yang didistribusikan di Sultra.

"Ini wujud komitmen Mayjen TNI Andi Sumangerukka selaku Pangdam untuk membantu saudara kita di Sultra yang tengah prihatin akibat Pandemi Covid-19," tandasnya.

Risa Wahyu menerangkan bahwa kegiatan ini dilakukan bersama dengan jajaran kepolisian, pemerintah daerah,  PMI dan masyarakat.

"Termasuk  Ibu-Ibu Persit atau Persatuan Istri Tentara (istri prajurit TNI AD) dan para Babinsa memastikan bantuan dari Pangdam tepat sasaran, langsung ke masyarakat yang membutuhkan. Kita hanya berharap warga tersenyum gembira dan turut mendoakan agar TNI AD mampu dan jaya sebagai benteng bangsa," pungkasnya. (Heng)