Menko Airlangga: Vaksinasi Covid-19 bisa Dimulai Januari 2021

MUS • Tuesday, 22 Dec 2020 - 14:36 WIB

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan bahwa saat ini total jumlah vaksin yang sudah ada di Tanah Air sebanyak 1,2 juta dosis vaksin.

Adapun pada Desember 2020, akan menyusul sebanyak 15 juta bahan baku vaksin, dan pada Januari 2021 mendatang akan hadir lagi tambahan 1,8 juta dosis vaksin.

"Sehingga tentu sesuai arahan Presiden, di Januari (2021) akhir nanti vaksinasi sudah bisa dilaksanakan," kata Airlangga dalam video virtual, Selasa (22/12/2020).

Dalam rangkaian rencana penyediaan dan proses pelaksanaan vaksinasi tersebut, Airlangga menjamin bahwa proses pemeriksaan dan pengesahan berbagai aspek medis dari vaksin itu juga akan dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

Tentunya, lanjut Airlangga, dari pihak Badan POM sendiri juga akan melakukan proses analisa data, yang akan dikirimkan ke Tiongkok, Brasil, dan clinical trial di Bandung.

"Sehingga tentunya data-data tersebut akan dikaji untuk menentukan keamanan dan efektivitas dari vaksin tersebut," ujar Airlangga.