16 Influencer Peduli Produk UMKM dapat Apresiasi dari Disperindag Sleman

MUS • Tuesday, 22 Dec 2020 - 18:17 WIB

Sleman - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman memberikan penghargaan kepada 16 influencer yang dinilai peduli terhadap ekonomi kerakyatan di kabupaten Sleman. 

Kepala Disperindag Kabupaten Sleman, RR. Mae Rusmi, menjelaskan bahwa kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan oleh Disperindag Sleman, atau dalam hal ini Rumah Kreatif Sleman (RKS). 

“Memberikan apresiasi kepada influencer yang berperan aktif dalam mempromosikan produk-produk Industri Kecil Menengah (IKM) di DIY," jelas Mae Rusmi.

Pemberian penghargaan dilakukan secara simbolis kepada 9 influencer di Pendopo Ragil Jaya, Sentra Industri Tenun ATBM Gamplong 1, Moyudan, pada hari Selasa (22/12), yang juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo Sleman, Eka Suryo Prihantoro.

16 influencer yang menerima penghargaan tersebut telah melalui proses penilaian oleh tim RKS dan Ultima. Penilaian diantaranya memperhatikan jumlah followers, jumlah posting, jumlah engagement, konsistensi posting-an, dan juga jumlah posting-an terkait UMKM dalam kurun waktu Maret hingga September 2020.

Sementara itu, salah satu influencer penerima penghargaan, Iqbal Galuh, menyambut baik pemberian apresiasi bagi para influencer dari Pemkab Sleman ini. Ia berharap IKM di Sleman tumbuh lebih banyak kuliner baru dan produk IKM yang mempunyai nilai jual lebih dan berdaya saing.  

Pemilik akun Instagram @Gembulfoodie ini juga berharap agar pemerintah bisa memberikan bantuan atau pendampingan terkait pemanfaatan teknologi untuk pelaku usaha kecil pedagang kecil agar mampu bersaing di era yang serba digital ini.

Dalam acara tersebut juga diputarkan video review sejumlah produk IKM Sleman oleh dr. Tirta. Influencer yang juga sekaligus sebagai Brand Ambassador RKS itu menyebutkan bahwa produk-produk Sleman mempunyai kualitas yang sangat baik dan tak kalah dengan produk daerah lain. Ia juga berkomitmen untuk terus mendorong IKM di kabupaten Sleman agar lebih berkembang dan mampu bersaing. (Ron)