Moestopo dan ISBI Bandung Kerjasama Pengajaran Ekonomi Seni Kriya

ANP • Wednesday, 23 Dec 2020 - 23:24 WIB

Bandung - Mengakhiri tahun 2020, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dan Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI) memandang kreativitas, kolaborasi dan problem solving merupakan nilai penting yang perlu dimotivasikan kepada peserta didik. Gagasan kerja sama ini diimplementasikan ke dalam bidang ekonomi seni kriya. 

Gabungan mata kuliah manajemen, komunikasi, produksi, dan seni akan disampaikan kepada mahasiswa oleh para dosen yang juga praktisi. Para mahasiswa diharapkan akan memiliki nilai tambah di luar bidang ilmunya. Matakuliah baru ini memasukkan materi etika dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, agar mahasiswa mampu berinovasi dan mengembangkan potensi dirinya menjadi profesional, wiraswasta atau profesi lainnya dalam memanfaatkan dan menciptakan peluang kerja.

Program tersebut sekaligus menjadi bagian dari penerapan Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Diharapkan, program ini mampu menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, perkembangan teknologi, serta peningkatan persaingan zaman. Mahasiswa sebagai generasi penerus diharapkan memiliki kompetensi adaptasi dengan kebutuhan di era terkini, disamping memiliki keilmuan yang mumpuni dan berakhlak mulia. 

Penandatanganan kerja sama antara Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Prof. Dr. Rudy Harjanto, M.Sn. dan Rektor Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Prof. Dr. Hj. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum., yang dilakukan di Bandung pagi ini, Rabu (23/12) dan disaksikan oleh para Wakil Rektor kedua institusi, diharapkan dapat menjadi pintu gerbang dalam mewujudkan peningkatan kualitas kultur belajar yang lebih otonom, fleksibel, inovatif serta sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Kedua perguruan tinggi akan segera melakukan pertukaran pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain pada awal semester ganjil 2021. Seminar perdana Univ. Moestopo Jakarta dan Perguruan Tinggi Negeri ISBI Bandung akan diselenggarakan pada pertengahan Januari 2021. (ANP)