Menparekraf Ingin Tiap Daerah Buat Jaket Berkearifan Lokal Bangkitkan Ekonomi Kreatif 

ANP • Saturday, 26 Dec 2020 - 22:43 WIB

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimistis dapat mempercepat pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif lewat filosofi jaket biru yang dikenakan saat diskusi virtual bersama Kepala Dinas Pariwisata se-Indonesia. 

Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan diskusi virtual bersama Kepala Dinas Pariwisata Sabtu (26/12/2020) menjelaskan bahwa saat ini dirinya sudah tidak memiliki lagi rasa pesimisme. Lantaran rasa pesimisme tersebut sudah ditanggalkan sejak dahulu. 

"Urat pesimis saya sudah putus, saya optimistis sekali dapat membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lewat kerja sama semua pihak. Rasa optimisme itu saya perlihatkan dengan jaket biru yang saya kenakan," ujarnya. 

Seperti diketahui, saat diperkenalkan Presiden Joko Widodo (jokowi) sebagai Calon Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia di Veranda Istana Merdeka Jakarta, Selasa (22/12/2020) keenam calon menteri baru menggunakan jaket biru polos bertutup kepala. 

"Ini adalah simbol kerja keras, kerja cepat, integritas dan ini bentuknya jaket yang all weather atau segala kondisi, jadi kita tetap bisa bekerja dalam situasi apapun juga. Siap memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara," kata Menparekraf Sandiaga sembari menunjukkan jaket biru yang dikenakannya. 

Terkait jaket biru yang dikenakan Sandiaga Uno, dirinya menantang pemerintah daerah untuk menciptakan jaket sejenis. Hanya saja, jaket yang harus mencerminkan ciri khas daerah yang bertujuan dapat menggerakkan ekonomi kreatif lokal di masa depan. 

"Saya menantang tiap-tiap daerah membuat jaket seperti ini, sesuai dengan ciri khas daerahnya. Jadi membangkitkan ekonomi lokal yang terpuruk saat ini," kata Sandiaga. (ANP)