BioNTech Menerima Laporan Pertama Kasus Over Dosis Vaksin Pfizer

MUS • Wednesday, 30 Dec 2020 - 19:25 WIB

Jakarta - Seorang perawat panti jompo di Jerman masih dirawat di rumah sakit akibat menerima vaksin Covid-19 melebihi dosis yang ditentukan.

Dari laporan yang diterima, total ada delapan perawat yang overdosis setelah menerima lima kali dosis vaksin Pfizer saat mengikuti vaksinasi massal pada Minggu (27/12/2020).

Dari delapan perawat, empat diantaranya harus mendapat perawatan di rumah sakit karena mengalami gejala seperti flu. Namun tiga diantaranya sudah diperbolehkan pulang.

"Seorang perempuan saat ini masih dirawat," kata seorang juru bicara pemerintah distrik Vorpommern-Ruegen, tanpa memberikan rincian lebih lanjut mengenai kondisi pasien, dikutip dari Reuters, Rabu (30/12/2020).

Selama uji coba, setiap orang mendapatkan dosis maksimum 100 mikrogram, sementara pemberian dosis yang direkomendasikan mulai dari 30 mikrogram. Namun mereka yang telah disuntikan dosis vaksin, tidak mengalami efek samping yang cukup serius.

Ini merupakan kasus laporan overdosis pertama yang diterima oleh BioNTech,  lembaga Jerman yang bekerja sama dalam pembuatan vaksin ini. (Han)