Inilah Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone Murah dengan Sensor Kamera Mewah

ANP • Thursday, 31 Dec 2020 - 14:44 WIB

JAKARTA - Xiaomi saat ini telah berkembang menjadi brand smartphone global yang dikenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dikenal sebagai brand smartphone yang mengutamakan spesifikasi tinggi namun dengan harga “bersahabat” membuat Xiaomi selalu menjadi incaran para konsumen. Tidak heran, setiap produk yang dirilis produsen smartphone asal Tiongkok ini selalu laris di pasaran, salah satunya adalah Xiaomi Note 7.

Perlu kamu tahu, smartphone tersebut sebenarnya merupakan rilisan dari Redmi, merek sub-brand dari Xiaomi. Smartphone yang punya nama lengkap Xiaomi Redmi Note 7 ini dirilis secara global pada bulan Januari tahun 2019 kemarin.

Selang dua bulan, tepatnya pada bulan Maret 2019, Xiaomi memastikan untuk meluncurkan smartphone Xiaomi Redmi Note 7 ini ke Indonesia. Smartphone Xiaomi Redmi Note 7 ini diketahui memiliki keunggulan pada sektor kamera utama yang sangatlah mewah dengan sensor jumbo, yaitu 48 megapiksel.

Smartphone Xiaomi Redmi Note 7 sendiri memiliki layar berukuran 6,3 inci (2.340 x 1.080 piksel, aspect ratio 19,5:9) dengan poni atau notch berbentuk lingkaran kecil, memuat kamera selfie 13 megapiksel. Di jantungnya tertanam system-on-chip (SoC) Snapdragon 660 dengan pilihan RAM 3 GB, 4 GB, atau 6 GB, serta pilihan kapasitas media penyimpanan 32 GB atau 64 GB. Adapun, baterai Smartphone Xiaomi Redmi Note 7 sendiri berkapasitas 4.000 mAh.

Perlu kamu tahu, perjalanan Xiaomi sebagai produsen smartphone kelas global seperti sekarang ini telah melalui proses yang panjang. Xiaomi didirikan oleh Lei Jun dan 6 orang rekannya di bulan April 2010. Asal usul nama Xiaomi sendiri berasal dari Bahasa Mandarin yaitu millet, yang artinya tumbuhan sekoi.

Lei Jun sebagai pendiri sekaligus CEO Xiaomi menjelaskan arti Xiaomi punya maksud yang lebih mendalam dari sekadar millet. Lei Jun menghubungkan kata “Xiao” sebagai bagian dari konsep Buddha yang punya arti “sebiji nasi Buddha besarnya seperti gunung”. Hal ini melambangkan bahwa Xiaomi dimulai dari hal-hal kecil dan bukan dimaksudkan sebagai usaha yang dijalankan untuk sekadar bertahan.

Sedangkan, kata “Mi” merupakan sinonim dari ponsel internet yang bisa dimaksudkan sebagai misi yang tidak mungkin terselesaikan. Hal ini mengarah rintangan-rintangan yang dihadapi oleh Lei Jun beserta 6 orang rekannya saat mulai mendirikan perusahaan Xiaomi.

Pada tanggal 16 Agustus 2010, Xiaomi secara resmi meluncurkan smartphone Android pertama berbasis OS MIUI. Di bulan Agustus 2011, smartphone Xiaomi Mi 1 resmi diluncurkan. Smartphone ini dilengkapi dengan OS Xiaomi MIUI yang berasal dari Android dan menyerupai TouchWich Samsung dan Apple iOS. Selain itu, smartphone ini juga tetap dilengkapi OS Android.

Setelahnya, di tanggal 24 September 2013, Xiaomi meluncurkan dan berhasil menjual smartphone Xiaomi Mi 2 lebih dari 10 juta unit dalam kurun waktu 11 bulan. Smartphone Xiaomi Mi 2 sendiri dijual juga dijual ke Australia, Eropa, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat.

Pada bulan Oktober 2013, Xiaomi menjadi brand smartphone kelima yang paling banyak dipakai di Tiongkok. Total penjualan Xiaomi sendiri di tahun itu tercatat mencapai 18,7 juta unit smartphone.

Peningkatan penjualan yang sangat pesat itu akhirnya menjadikan Xiaomi sebagai produsen smartphone terbesar di Dunia nomor lima pada tahun 2017. Xiaomi juga memperluas jangkauan pasarnya untuk konsumen elektronik dengan membuat perangkat smart home ecosystem (IoT).

Saat ini, Xiaomi mempunyai lebih dari 15.000 karyawan di Tiongkok, India, Malaysia, Singapura dan meluas ke negara lain seperti Indonesia, Filipina serta Afrika Selatan. Xiaomi juga menjadi start-up teknologi paling bernilai karena punya aset lebih dari US$46 miliar.

Hingga sekarang, Xiaomi pun tetap dikenal sebagai produsen smartphone asal Tiongkok yang membuat gadget murah dengan spesifikasi tinggi. Meski terus bermunculan kompetitor baru setiap tahun, Xiaomi terbukti masih bertahan kuat di pasar Indonesia.

Salah satu faktor yang mendukung eksistensi merek Xiaomi sendiri adalah kemampuannya memproduksi smartphone dalam berbagai segmen sekaligus, mulai dari entry-level hingga flagship. Nah, salah satu produk smartphone yang mendapat sambutan positif dari para pecinta gadget di Indonesia adalah Xiaomi Redmi Note 7. Nah, berikut ini adalah beberapa keunggulan dari smartphone Xiaomi Redmi Note 7!

1. Layar 6,3 Inci yang Besar dan Jernih   

Smartphone Xiaomi Redmi Note 7 mengusung layar berukuran 6.3 inci dengan rasio 19:9. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Smartphone Xiaomi Redmi Note 7 tampil dengan bezel tipis yang membuatnya tampil elegan dan kekinian. Smartphone Xiaomi Redmi Note 7 ini memiliki ukuran rasio layar ke bodi sekitar 81.4%. Tidak heran jika layar dari Smartphone Xiaomi Redmi Note 7 ini terasa semakin luas.

Meski masih menggunakan panel IPS dan bukan OLED, layar dari Smartphone Xiaomi Redmi Note 7 ini tentu memiliki tampilan yang jernih dan jelas. Warna yang dihasilkan juga tergolong bagus. Sehingga, masih nyaman untuk digunakan streaming video via YouTube maupun bermain game.

2. Dilengkapi Corning Gorilla Glass 5

Yang cukup menarik dari layar smartphone Xiaomi Redmi Note 7 ini, meskipun dibanderol dengan harga yang terbilang murah, sudah menggunakan proteksi buatan Corning, yakni Gorilla Glass 5. Salah satu keunggulan dari sistem proteksi buatan Corning ini adalah daya tahannya yang cukup baik meskipun dijatuhkan dari ketinggian 1,6 meter atau kira-kira setinggi lengan atau pundak orang dewasa.

3. Desain Kekinian yang Keren

Smartphone dengan ukuran layar 6.3 inci ini juga mengikuti tren smartphone masa kini, yakni tampil dengan bezel tipis dan notch atau poni di bagian tengah atas layar yang berbentuk waterdrop. Seperti kebanyakan smartphone saat ini, bodi bagian belakang Xiaomi Redmi Note 7 seri terbaru ini punya tiga varian warna yang menarik dengan gradasi, yakni yakni Fantasy Blue, Black dan Twilight Gold.

Untuk bagian bawah dagu smartphone Xiaomi Redmi Note 7, terlihat slot USB type C diapit oleh 2 buah grill speaker. Bisa dibilang Xiaomi Redmi Note 7 ini menjadi smartphone termurah yang mengusung USB tipe ini sebagai konektivitas transfer data dan pengisian baterai. Sementara itu, di bagian atas smartphone Xiaomi Redmi Note 7 ada audio jack 3.5mm, microphone, dan infrared.

 

Pada sisi kiri, tersembunyi tray yang bisa menampung dua micro-SIM, di mana salah satunya bisa dimanfaatkan untuk microSD berkapasitas hingga 126 GB. Sedangkan di sisi kanan ada tombol pengaturan volume dan power.

Dengan dimensi 159,21 x 75,21 dan 8,1 mm dan berbobot 186 gram, Xiaomi Redmi Note 7 memang termasuk jenis smartphone yang bongsor. Namun, lumayan ergonomis ketika dipegang dan digunakan untuk mengetik dengan satu tangan.

4. Kamera Utama dengan Sensor 48 M

Sektor kamera utama dari smartphone Xiaomi Redmi Note 7 dibekali dengan dua lensa. Satu lensa kameranya beresolusi 48 MP dan satu lagi ada lensa tambahan berukuran 5 MP khusus untuk menghadirkan efek background blur alias bokeh pada foto.

Bukaan lensa F/1.8, 1,6μm piksel besar, dan PDAF tentu punya pengaruh besar yang membuat kamera utama smartphone Xiaomi Redmi Note 7 mampu menghasilkan foto yang layak ditampilkan di media sosial. Fitur Night mode yang dimiliki smartphone Xiaomi Redmi Note 7 ini mampu menangkap objek di kondisi low-light dengan kualitas baik.

Adapun, lensa kamera utama dari smartphone Xiaomi Redmi Note 7 ini berukuran 12 MP. Namun, dalam aplikasi kamera HP ini terdapat mode pro yang memungkinkan kamu bisa memotret gambar dengan kualitas setara lensa 48 MP.

Menurut website Yugatech, foto yang diambil dengan menggunakan mode pro atau mode 48 MP pada smartphone Xiaomi Redmi Note 7 terlihat sedikit lebih tajam dan memiliki detail yang lebih baik ketimbang yang diambil dengan menggunakan mode normal 12 MP.

Sedangkan untuk pengambilan video, dengan adanya gyro-EIS, smartphone Xiaomi Redmi Note 7 bisa dibilang sebagai perangkat yang cukup layak untuk membuat video sederhana semacam vlog. Kualitasnya pengambilan videonya pun terbilang komplit dari 720p @30fps hingga 1080p @120fps.

5. Performa Chipset yang Oke

Sebagai informasi, Xiaomi Redmi Note 7 dibekali dengan chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 660 yang biasa ditemukan pada smartphone kelas menengah. Smartphone Xiaomi Redmi Note 7 tampaknya bisa jadi bukti bahwa chipset Snapdragon 660 AIE yang dipadukan dengan RAM 4 GB bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan smooth, begitu juga untuk gaming.

Berdasarkan geekbench test (multi core) yang dilakukan GSMArena, smartphone Xiaomi Redmi Note 7 memperoleh skor sebesar 5411, tidak jauh berbeda dari Honor 8X dengan chipset Kirin 710-nya maupun Realme 2 Pro yang menggunakan chipset serupa.

GSMArena juga melakukan geekbench test untuk single core pada smartphone Xiaomi Redmi Note 7 ini. Skor yang didapat oleh smartphone Xiaomi Redmi Note 7 sebesar 1650, sedikit lebih tinggi ketimbang Xiaomi 8 Lite dan Realme 2 Pro yang menggunakan chipset serupa.

Terakhir, GSMArena juga melakukan pengujian pada smartphone Xiaomi Redmi Note 7 untuk mengetahui skor AnTuTu-nya. Hasilnya, smartphone Xiaomi Redmi Note 7 memperoleh skor AnTuTu sebesar 139075 dan berhasil unggul dibandingkan Honor 8X maupun Realme 2 Pro.

Selain itu, MIUI 10 yang berjalan dengan Android 9 Pie di smartphone Xiaomi Redmi Note 7 juga terbilang smooth dan playable. Secara keseluruhan, performa Xiaomi Redmi Note 7 ini bisa dikatakan lancar dan tergolong bagus untuk smartphone di kelasnya, terutama jika kamu hanya menjalankan aplikasi seperti sosial media Instagram, atau streaming video via Youtube.

6. Baterai Berkapasitas Besar dan Tahan Lama

Tidak cuma bagus di sektor performa, kamera dan layar saja, smartphone Xiaomi Redmi Note 7 ini juga punya baterai berkapasitas 4000 mAh dengan daya tahan yang bagus. Berdasarkan battery test yang dilakukan GSMArena, baterai di smartphone Xiaomi Redmi Note 7  ini mampu bertahan hingga 108 jam lamanya, dengan rincian 32:35 jam untuk 3G talk time, 14:04 jam untuk berselancar internet dan 14:12 jam untuk menonton video.

Yang menyenangkan, dengan harga terbilang murah, smartphone ini sudah berani menghadirkan pengisian cepat yang didukung teknologi Qualcomm Quick Charge 4 dengan charger 5V/2A. Pengisian dari 0% hingga full, hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam saja.

Sebagai informasi, smartphone Xiaomi Redmi Note 7 saat ini dibanderol sekitar 2 juta (ROM 64 GB) hingga 4 juta Rupiah (Rom 128 GB). Apakah kamu tertarik membelinya?