KA Bandara Adi Soemarmo Kembali Dioperasikan 

MUS • Friday, 1 Jan 2021 - 14:27 WIB

Yogya - Setelah kurang lebih 9 bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, PT KAI Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan kembali KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS)  mulai tanggal 1 Januari 2021. 

Pengoperasian kembali KA Bandara Bandara Internasional Adi Soemarmo relasi Klaten – Solobalapan – Adi Soemarmo (PP) ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi Kereta Api serta mempermudah masyarakat yang akan menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo menggunakan KA Bandara dari Stasiun Klaten maupun Solobalapan.  

“Mengawali Tahun Baru 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta akan mengoperasikan kembali KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) mulai Jum’at, 1 Januari 2021. KA Bandara Bandara Internasional Adi Soemarmo yang akan beroperasi kembali ini terbagi mejadi 3 relasi perjalanan yang antara lainnya; KA Bandara relasi Klaten – Adi Soemarmo (PP) dengan total 22 perjalanan, KA Bandara relasi Solobalapan – Adi Soemarmo (PP) dengan total 10 perjalanan, dan KA Bandara relasi Solobalapan – Klaten (PP) dengan total 2 perjalanan," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Yogyakarta Supriyanto.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Yogyakarta Supriyanto menambahkan, “Hadirnya kembali Angkutan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo ini diharapkan dapat menjadi andalan masyarakat sebagai moda transportasi yang terintegrasi antara Pesawat dan Kereta Api sehingga perjalanan lebih nyaman dan tepat waktu. 

Dengan perjalanan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo yang beragam dari Klaten – Solobalapan – Adi  Soemarmo maupun sebaliknya, masyarakat dapat memilih jadwal perjalanan KA yang beragam tersebut sehingga dapat menyesuaikan jadwal penerbangannya di Bandara Adi Soemarmo. Selain itu diharapkan juga dengan hadirnya kembali KA Bandara ini dapat lebih meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi massal. 

Terkait tarif yang diberlakukan, tarif sekali perjalanan antara Stasiun Klaten - Stasiun Adi Soemarmo cukup terjangkau Rp 15.000,- per penumpang, sedangkan tarif perjalanan antara Stasiun Solobalapan - Stasiun Adi Soemarmo Rp 7.000,- per penumpang, serta tarif antara Stasiun Klaten - Stasiun Solobalapan sebesar Rp 8.000,- per penumpang. Para penumpang yang akan melakukan pembelian tiket dapat melalui aplikasi KAI Access mulai H-7 sebelum keberangkatan atau Go Show di Loket Stasiun. (Ron)