Dikawal Ketat, Vaksin Covid -19 Tiba di Surabaya

MUS • Monday, 4 Jan 2021 - 14:17 WIB

Surabaya - Vaksin COVID-19 yang diproduksi Sinovac China dan dikirimkan oleh PT. Bio Farma Bandung siang ini tiba di Surabaya. Iring-iringan kendaraan pengangkut vaksin Covid-19 tiba di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Jalan Ahmad Yani dengan pengawalan ketat. Barisan baracuda milik Brimob Polda Jatim menyertai konvoi tersebut hingga memasuki area kantor Dinas Kesehatan Jawa Timur.

Berdasarkan pantauan MNC Trijaya Surabaya, Vaksin COVID-19 diangkut menggunakan dua mobil boks yang bertuliskan PT Bio Farma. Keberadaan mobil box yang membawa vaksin tersebut disertai dengan pengawalan dari anggota kepolisian bersenjata lengkap.

Mobil box pengangkut COVID-19 tersebut langsung menuju halaman belakang Kantor Dinas Kesehatan Jawa Timur untuk kemudian memindahkan muatan ke dalam gudang farmasi.

Proses pemindahan muatan berlangsung secara ketat. Awak media pun dilarang mendekat. Media hanya diperkenankan mengambil gambar dari jarak jauh.

"Mohon maaf teman - teman media, untuk tidak mengambil gambar dari dekat. Cukup dari sini saja," ujar petugas dari dinas kesehatan Jawa Timur.

Ditahap pertama ini, Jawa Timur mendapatkan kiriman sebanyak 77.600 dosis. Nantinya akan diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan. Sementara secara total, Pemerintah pusat menjatah  Jawa Timur sebanyak  317 ribu Vaksin Covid -19.

Belum ada keterangan dari pihak Pemerintah Propinsi Jawa Timur kapan proses vaksinasi akan dijalankan.

Vaksin buatan Sinovac didistribusikan ke 34 seluruh Indonesia sejak Minggu (3/1/2021). Proses distribusi vaksin tersebut dilakukan dengan angkutan darat dan udara. Melibatkan seluruh pihak, termasuk dalam rangka menyiapkan perangkat penyimpanan  agar vaksin tetap sesuai kondisi yang dipersyaratkan saat diserahkan ke  fasilitas kesehatan ataupun dinas kesehatan kabupaten dan kota di Jawa Timur. (Her)