Menlu Tegaskan Indonesia Tak Berniat Jalin Hubungan Diplomatik dengan Israel

MUS • Wednesday, 6 Jan 2021 - 16:42 WIB

Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan Indonesia mendukung penuh kemerdekaan Palestina dan tidak akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Hal ini, kata Retno, sesuai dengan prinsip bahwa Indonesia tetap konsisten menjalankan prinsip hukum internasional. “Di tengah berbagai macam tekanan Indonesia mampu menunjukkan konsistensinya dalam menjalankan prinsip-prinsip hukum internasional,” ungkapnya dalam pernyataan pers tahunan Menlu selama 2020 yang dilakukan secara virtual, Rabu (6/1/2020). 

Terkait isu Palestina, Retno menegaskan, Indonesia tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel. “Hal ini juga dilakukan Indonesia untuk isu Palestina. Di penghujung 2020, santer terdengar berita seolah Indonesia akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Saya ingin menyampaikan kembali, bahwa hingga saat ini tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel,” tegas Retno.  

Retno juga mengatakan jika Indonesia akan memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution serta berdasarkan parameter Internasional yang telah disepakati. “Indonesia akan terus memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution dan berdasar parameter Internasional yang telah disepakati,” tambahnya.

Bahkan, Retno mengungkapkan jika Presiden Joko Widodo secara khusus pada 16 Desember 2020 telah melakukan telepon langsung dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Dan menegaskan jika Indonesia akan mendukung kemerdekaan Palestina.