Gemuruh Traktor di Watubangga, Babinsa Kodim Kolaka Bantu Warga Hadapi Covid-19

MUS • Wednesday, 6 Jan 2021 - 20:04 WIB

Kolaka - Di tengah gemuruh suara traktor, Babinsa Kodim 1412/Kolaka Sertu Yonathan asyik  membajak sawah untuk membantu menyiapkan ketahanan pangan warga desa Watubangga  dalam menghadapi  pandemi COVID 19 di wilayah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal ini dikatakan Kapenrem 143/HO Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya, Kendari, Sultra, Rabu, (6/1/2021)

Diungkapkan Kapenrem, di kesehariannya Sertu Yonathan berdinas di Koramil 1412-07/Watubangga, Kodim 1412/Kolaka.

"Kodim Kolaka sendiri berada di jajaran Korem 143/HO. Babinsa tidak saja menjaga keamanan wilayah, tapi dalam kesehariannya mereka dituntut untuk peduli dan mempelopori berbagai kegiatan untuk membantu masyarakat menghadapi kesulitannya," terang Mayor Arm Sumarsono.

"Seperti Sertu Yonathan, dengan pengalamannya dalam program ketahanan pangan dan pendampingan petani serta cetak sawah, yang bersangkutan tergerak untuk membantu warga mempercepat penyiapan lahan pertanian," imbuhnya.

Lanjut dikatakan Sumarsono, dengan percepatan penyiapan lahan pertanian maka dapat membantu petani dalam panen padi.

"Apalagi dengan menggunakan traktor, selain mempercepat waktu membajak juga dapat mengefisienkan tenaga para Petani untuk melalukan penyiapan penanaman padi," jelas Sumarsono

“Meski di cuaca yang cukup terik, demi membantu program ketahanan pangan untuk warga di tengah Pandemi COVID 19, masih menggunakan baju dinas Sertu Yonathan pun asyik membajak sawah di tengah deru mesin traktor digunakannya," 

Senada dengan Sumarsono, saat dihubungi melalui telepon, Yonathan pun mengatakan bahwa yang dilakukannya merupakan wujud empati dan kepeduliannya terhadap warga binaanya agar memiliki cukup bahan pangan, khususnya padi dalam menghadapi COVID 19.

“Bukan saja bagian dalam tugas pokok kami sebagai aparat teritorial, yaitu membantu pemerintah dan masyarakat, apa yang dilakukan ini juga didasarkan kepada rasa empati dan peduli kami, seorang prajurit kepada rakyat,"ujar Yonathan.

“Kegiatan ini berkelanjutan dan diharapkan dapat mempercepat proses panen. Pendampingan kepada petani ini dari mulai proses awal penyiapan lahan sampai dengan masa panen nantinya. Kami bersama dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) bersinergi membantu petani di sini,” imbuh Yonathan.

Sementara itu, Amir pemilik lahan yang dibajak oleh Yonatahan, melalui telepon selulernya mengatakan bahwa keberadaan Babinsa dilahan seluas 1 Ha miliknya yang sementara dibajak  mengungkapkan bahwa  Babinsa banyak membantu masyarakat.

"Kami banyak dibantu oleh Pak Babinsa,"ujar Amir.

“Pak Babinsanya saja rela kotor untuk membajak sawah saya, jadi saya juga harus lebih semangat darinya, dia kelihatan asyik mendengar suara gemuruh traktor. Semoga, jalinan kerjasama seperti ini terus terjaga dengan baik,” pungkas Amir. (penrem 143/Heng)