Top! Anies Raih Penghargaan Kerukunan Beragama dari Kemenag

MUS • Wednesday, 6 Jan 2021 - 20:34 WIB

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka lembaran 2021 dengan prestasi. Kali ini Anies menerima penghargaan Harmony Award untuk Jakarta. Hebatnya, hanya Pemprov DKI Jakarta yang menerima penghargaan ini untuk kategori pemerintah daerah. DKI menerima Harmony Award bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta. 

“Alhamdulillah, membuka tahun 2021 Pemprov DKI Jakarta bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta menerima Harmony Award Tahun 2020 yang diumumkan langsung oleh Bapak Menteri @gusyaqut (Yaqut Cholil Qoumas) @kemenag_ri saat peringatan ulang tahun Kementerian Agama,” kata Anies di akun Instagram, Rabu (6/1/2021). 

Anies mengatakan, penghargaan ini diberikan dengan memperhatikan empat aspek penilaian, yaitu: kerukunan, inovasi, kerja sama dan aktif. Penghargaan ini, kata dia, membahagiakan karena ikhtiar DKI selama ini untuk membangun kerukunan dijalankan dengan serius walau tidak selalu tampak di depan publik dan pemberitaan. Keteduhan, ketenangan dan suasana harmoni itu bisa dirasakan dalam keseharian masyarakat di Jakarta

“Kita biasanya tidak sadar bahwa kesejukan dan harmoni itu adalah kebutuhan bersama sampai muncul kegaduhan. Mirip dengan aliran listrik di rumah; saat listrik mengalir kita jarang ingat usaha keras PLN yang bekerja keras di balik layar. Begitu listrik mati, baru ramai-ramai membicarakan PLN,” ucapnya.  

Hal itu sama dengan harmoni. Saat ada suasana kesejukan, keteduhan dan ketenangan di masyarakat, biasanya orang tidak menyadari bahwa sebenarnya ada usaha serius di balik hadirnya suasana itu. Anies bersyukur usaha serius untuk menghadirkan suasana kesejukan itu kini diakui dan bahkan diberikan Harmony Award. Pemprov DKI, kata dia, menyampaikan terima kasih kepada FKUB DKI Jakarta dan pemuka agama yang telah jadi jembatan.  “Mari kita terus jaga hubungan harmonis ini, dan menjaga kerukunan umat beragama di masyarakat Jakarta,” ucapnya.