Melunak, Trump Akhirnya Bersedia Serahkan Kekuasaan pada Biden

MUS • Friday, 8 Jan 2021 - 09:56 WIB

Washington - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengumumkan bahwa dia akan mengalihkan kekuasaan kepada Joe Biden pada 20 Januari. Pernyataan ini datang setelah Parlemen AS mengesahkan hasil pilpres AS.

Trump, dalam sebuah pernyataan yang diunggah di Twitter Wakil Kepala Staf Komunikasi dan Direktur Media Sosial Gedung Putih, Dan Scavino menuturkan, walaupun dia tidak setuju dengan hasil pilpres, dia akan tetap menyerahkan kekuasaan kepada Biden pada 20 Januari mendatang.

"Meskipun saya sama sekali tidak setuju dengan hasil pemilu, dan fakta menunjukkan kepada saya, namun akan ada transisi yang tertib pada 20 Januari," tulis Scavino mewakili Trump, seperti dilansir Tass pada Jumat (8/1/2021).

"Saya selalu mengatakan kami akan melanjutkan perjuangan kami untuk memastikan bahwa hanya suara sah yang dihitung. Sementara ini merupakan akhir dari masa jabatan pertama terbesar dalam sejarah kepresidenan, ini hanyalah awal dari perjuangan kami untuk membuat Amerika hebat lagi!" sambungnya. 

Kemarin, Senat dan DPR AS mengesahkan hasil pilpres, setelah sempat tertunda selama beberapa jam, yang disebabkan oleh aksi penyerbuan oleh simpatisan Trump. Ratusan pendukung Trump menerobos masuk Capitol Hill dan sempat menduduki kantor Parlemen AS itu.

Dalam sesi yang dipimpin oleh Wakil Presiden AS, Mike Pence, Biden dipastikan menang telak atas Trump setelah mendapatkan 306 suara elektoral. Trump hanya mendapatkan 232 suara.