Sriwijaya Air Hilang Kontak, Keluarga Penumpang Datangi Bandara Supadio Pontianak

MUS • Saturday, 9 Jan 2021 - 18:55 WIB

Jakarta - Insiden pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang hilang kontak tak lama setelah take off dari Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (9/1/2021), membuat sejumlah keluarga cemas. Suasana di Bandara Supadio Pontianak mulai ramai dengan kedatangan keluarga penumpang pesawat dengan nomor penerbangan SJY 182 yang hilang kontak pada pukul 14.40 WIB.

Berdasarkan pantauan di Bandara Supadio pada  Sabtu malam, sejumlah keluarga korban telah berdatangan ke bandara terbesar di Kalimantan Barat itu. Ada juga tiga keluarga yang sempat datang karena informasnya anak bungsu mereka menjadi salah satu penumpang di pesawat tersebut.

Pesawat bernomor registrasi PK CLC jenis Boeing 737-500 itu hilang kontak pada posisi 11 nautical mile di utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang setelah melewati ketinggian 11.000 kaki dan pada saat menambah ketinggian di 13.000 kaki.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto mengatakan, berdasarkan data Flight Radar, pesawat tersebut hilang kontak tak lama setelah take off dari Bandara Soekarno-Hatta dan tak ada komunikasi saat berada di Perairan Kepulauan Seribu. 

Pesawat tersebut hilang sekitar satu jam setelah take off. Pesawat tersebut terbang dari Bandara Soetta Tangerang pukul 13.40 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandara Supadio Pontianak pada pukul 15.15 WIB.

"Telah terjadi lost contact pesawat udara Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak dengan call sign SJY 182. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB," katanya saat dihubungi iNews.id, Sabtu (9/1/2021).

Kemenhub terus berkoordinasi dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) serta Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menginvestigasi peristiwa itu.