Mata Terpejam, Wagub Jatim Terima Vaksin Covid Perdana di Jawa Timur

MUS • Thursday, 14 Jan 2021 - 10:44 WIB

Surabaya - Lauching progam Vaksinasi Covid Jawa Timur dilakukan hari ini di Gedung Negara Grahadi – Surabaya. Sebagai penerima vaksin perdana adalah Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak. Emil yang mengenakan baju putih tanpa ragu menuju tempat penyuntikan vaksin, setelah sebelumnya dilakukan pengecekan kesehatan dan tensi darah.

Dengan mata terpejam, jarum vaksin disuntikan ke lengan Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut. Hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja, vaksin covid -19 telah berada di tubuh suami Arumni Bahsin tersebut.

Sebelumnya dalam sambutan secara virtual, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatajan, pelaksanaan vaksin untuk para pejabat ini adalah wujud komitmen yang luar biasa. Hal ini dilaksanakan agar masyarakat terkonfirmasi bahwa keberadaan vaksin aman, dan semuanya kompak menyukseskan vaksinasi untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Ini adalah komitmen kita untuk masyarakat Jatim. Sekaligus menegaskan bahwa vaksin ini aman. Mari kita sukseskan program ini," ujar Khofifah secara virtual.

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini juga menambahkan vaksinasi adalah bentuk ikhtiar, agar penanganan pandemi lebih maksimal.

"Ini adalah ikhiar kita untuk mengendalikan covid. Kita tahu bahwa jumlah kasus terus meningkat. Angka kematian kita juga tertinggi di Jawa. Karenanya kita butuh vaksin ini untuk mengendalikannya," lanjut Khofifah.

Selain Wakil Gubernur Jatim, pejabat lain yang juga mendapatkan vaksin adalah Wakapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya, Ketua DPRD Jatim, Ketua MUI Jatim dan Kejati Jatim serta para tokoh masyarakat dan agama.

Rencananya setelah tingkat Jawa Timur, pencanangan gerakan vaksin covid akan dilaksanakan di kabupaten dan kota, kemudian merata ke semua lapisan masyarakat. 

"Besuk akan kita gelar juga di Kabupaten dan Kota, diawali di Surabay, Gresik dan Sidoarjo. Selanjutnya akan merata ke semua masyarakat," pungkas Khofifah. (Her)