Suparji Ahmad: Bangsa Indonesia Sangat Kehilangan Syekh Jaber

FAZ • Thursday, 14 Jan 2021 - 17:07 WIB

Jakarta - Pakar Hukum Universitas Al-Azhar Indonesia, Suparji Ahmad turut berbela sungkawa atas wafatnya salah satu ulama panutan di Indonesia, Syekh Ali Jaber. Selama ini, Syekh Jaber dikenal santun.

"Tentu bangsa ini sangat kehilangan Syekh Jaber. Beliau merupakan salah satu ulama yang patut dicontoh karena sifat-sifatnya yang sangat terpuji," kata Suparji dalam keterangan tertulis, Kamis (14/01/2021).

Salah satu sifat yang harus dicontoh dari Syekh Jaber adalah kesabaran dan lemah lembut terhadap siapapun. Ini dibuktikan ketika almarhum ditusuk oleh orang tak dikenal.

"Beliau ketika itu langsung memaafkan pelaku, bahkan beliau tidak marah sedikitpun. Sifat semacam ini lah yang patut kita jadikan sebagai teladan," ucapnya.

Selain itu, ia juga kagum dengan Syekh Jaber yang begitu cinta dengan Indonesia. Sebab, beliau rela menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan mengajarkan Al-Quran ke seluruh penjuru negeri.

"Sumbangsih Syekh Jaber dalam mencerdaskan bangsa ini sangat besar dan tidak terbantahkan lagi," tuturnya.

Terakhir, Suparji berdoa agar seluruh amal ibadah Syekh Jabir selama hidup diterima Allah SWT. "Semoga diberi tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga diberi kesabaran serta ketabahan," pungkasnya.