Lukmanul Hakim: Doa terbaik untuk Saudara Kita di Majene Sulawesi Barat

FAZ • Friday, 15 Jan 2021 - 14:26 WIB

Jakarta - Telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6.2 magnitudo, 6 km Timur Laut Majene Sulawesi Barat, waktu gempa 15 Januari 2021 01:28:17 WIB.

Anggota DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim mengucapkan belasungkawa atas gempa bumi yang terjadi di Majene, Sulawesi Barat.

Lukmanul Hakim mengatakan, gempa yang terjadi di Sulawesi Barat cukup besar. Ia berharap korban bisa diberikan keselamatan.

"Mari berdoa bagi saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa bumi cukup besar di Sulawesi Barat. Kita semua prihatin, ini bencana, ujian bagi kita semua. Semoga mereka masyarakat disana diselamatkan dan dikuatkan," tulis Lukmanul Hakim di Instagram pribadinya @banglukman75, Jumat (15/01/2021).

Diberitakan sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majene menginformasikan warganya merasakan gempa kuat selama 5 hingga 7 detik. Gempa yang berpusat 6 km timur laut Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) membuat para warga panik.

Berdasarkan analisis peta guncangan BMKG yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa M6,2 ini memicu kekuatan guncangan IV - V MMI di Majene, III MMI di Palu, Sulawesi Tengah dan II MMI di Makasar, Sulawesi Selatan.

Terkait gempa M6,2 ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan parameter gempa terjadi pada pukul 01.28 WIB yang berpusat 6 km timur laut Majene. Pusat gempa memiliki kedalaman 10 km. Berdasarkan pemodelan BMKG, gempa tidak memicu terjadinya tsunami.