Kalimantan Selatan Dilanda Banjir, Mensos Langsung Instruksikan Jajaran Turun dan Kirimkan Bantuan

ANP • Friday, 15 Jan 2021 - 22:24 WIB

BANJARBARU - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini langsung menginstruksikan kepada segenap jajaran Kementerian Sosial RI untuk terjun langsung, sekaligus membawa bantuan ke lokasi bencana banjir yang melanda Kalimantan Selatan.

Pada Kamis (14/1/2021), sejumlah warga mengunjungi Posko Darurat Bencana Banjir BRSPDM Budi Luhur Banjarbaru. Pagi hari warga di Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar diresahkan dengan luapan air sungai yang memasuki permukiman warga. 

Faktor alam diduga menjadi salah satu faktor bencana banjir terjadi yang ditandai curah hujan tidak henti dua hari selama 24 jam mengakibatkan sungai meluap yang membanjiri pemukiman-permukiman warga hingga setinggi dada orang dewasa. 

Merespon instruksi Mensos RI, gerak cepat dilakukan oleh BRSPDM Budi Luhur Banjarbaru dengan memfungsikan satu asrama menjadi Posko darurat bencana banjir di Kalimantan Selatan tersebut. 

Hingga saat ini, tercatat ada sebanyak 22 warga penyintas bencana banjir dari wilayah Martapura mengungsi di posko darurat bencana banjir, terdiri dari 2 orang lanjut usia (lansia), 10 orang suami istri, 3 orang remaja, serta 7 anak-anak serta bayi.

Sampai saat ini, terdapat 22.765 KK dengan 84.438 jiwa yang terdampak dan bagi para penyintas sudah mendapatkan layanan pengecekan kesehatan, bantuan pakaian layak pakai, serta permakanan atau logistik selama berada di posko. 

Kepala Balai Herry Pawoko langsung menugaskan kepada para pegawai, terutama pekerja sosial untuk mendampingi penyintas yang berada di posko untuk memberikan layanan psikosial. 

"Pekerja sosial langsung memberikan layanan psikososial dan trauma healing bagi warga para penyintas tersebut, sehingga dapat membantu mereka dalam menghadapi pasca terjadi bencana banjir yang melanda," ungkap Pawoko. (ANP)