Kasus Positif Melonjak, Menko Airlangga Ingatkan Masyarakat Jangan Kendur Disiplin 3M 

MUS • Monday, 18 Jan 2021 - 09:48 WIB

Jakarta - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengimbau masyarakat untuk tidak mengendurkan penerapan 3M (Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Menurut Airlangga, meskipun program vaksinasi sudah bergulir, tetapi belum bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat karena baru beberapa hari.

Dia menegaskan, program vaksinasi masih butuh waktu untuk membentuk kekebalan komunitas. Jadi, meskipun sudah bergulir, seluruh pihak harus terus berdisiplin menerapkan 3M. “Jangan kendurkan disiplin 3M. Semua pihak harus bekerja sama, disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan,” tutur Airlangga, Senin (18/1/2021).

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini, lantaran ada indikasi longgarnya penerapan protokol kesehatan yang membuat kasus positif Covid-19 terus menanjak dalam beberapa hari terakhir. Terlebih, jika dirunut masa inkubasi virus Covid-19 sekitar dua pekan, lonjakan kasus yang terus menyentuh rekor pada akhir pekan ini merupakan akumulasi penularan saat libur akhir tahun.

Ketua Umum Partai Golkar ini mengingatkan bahwa Satgas Penanganan Covid-19 mencatat terjadinya rekor baru kasus positif Covid-19 berturut-turut sejak kemarin sehingga menjadi rekor tertinggi sejak Covid-19 masuk di Indonesia. Airlangga meminta pemerintah daerah dan aparat yustisi bertindak tegas mengantisipasi terjadinya kerumunan masyarakat yang berpotensi menjadi klaster penambahan kasus penularan Covid-19.

"Pemerintah daerah dan aparat yustisi kami harap berupaya seoptimal mungkin mengingatkan yang tidak dispilin menerapkan protokol kesehatan" ujar Airlangga.

Airlangga juga mengimbau agar masyarakat bisa saling bekerja sama untuk berdisiplin menerapkan 3M, sembari menunggu tercapainya program vaksinasi sebanyak 70 persen dari penduduk Indonesia yang sudah dimulai pertengahan pekan lalu. “Jangan sampai lengah, karena yang kita hadapi virus yang tidak terlihat. Tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan tetap menggunakan masker untuk menyelamatkan diri kita, keluarga dan masyarakat Indonesia,” tegas Airlangga.