Positif Covid-19, Bupati Sleman Tetap Jalankan Pemerintahan dari Tempat Isolasi 

MUS • Thursday, 21 Jan 2021 - 19:27 WIB


Sleman - Sekda Sleman Hardo Kiswoyo menyampaikan bahwa saat ini Bupati Sleman, Sri Purnomo melakukan isolasi mandiri di Rumah Dinas Bupati. Karena berdasarkan hasil swab antigen yang dilakukan Rabu, 20 Januari 2021, dan diulangi dengan test PCR, Sri Purnomo dinyatakan positif covid-19. Kemudian tanggal 21 Januari dilakukan tes  CT Scan Thorax di rumah sakit yang menyatakan hasilnya bagus dan paru-paru bersih.

Kondisi Sri Purnomo saat ini dalam keadaan baik dan tidak ada gejala apapun, walaupun Rabu malam sempat demam mencapai 37,6 derajat Celsius dan batuk ringan. 

Sehingga mulai saat ini sampai 14 hari ke depan Bupati Sleman melakukan isolasi mandiri di rumah dinas dan tetap menjalankan tugas pemerintahan, serta pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan secara daring.

Sementara itu dr. Joko Hastaryo Kadinkes Sleman menegaskan bahwa kondisi positif Bupati tidak ada hubungannya dengan pemberian vaksin pada 14 Januari 2021, bersamaan dengan 10 tokoh Sleman saat launching pelaksanaan vaksinasi Di Kabupaten Sleman.

Sri Purnomo baru akan mendapatkan vaksin tahap kedua sekitar tanggal 28 Januari 2021 (minimal 2 minggu). Sehingga kalau baru sekali diberikan vaksin belum memberikan efek kekebalan, atau pembentukan anti bodi belum memadai, sehingga harus diberikan booster/suntikan kedua, yang akan membentuk kekebalan secara optimal. 

Justru karena sudah divaksin, maka gejala covid yang timbul tidak terlalu berat dibanding orang yang belum divaksin. Joko menjelaskan karena aktivitas Bupati yang tinggi dan bertemu dengan banyak tamu, dimungkinkan tertular dari aktivitas tersebut. 

Saat ini sudah dilakukan tracing terhadap istri dan anak dan hasilnya dinyatakan negatif. Untuk besok pagi Jum’at 22 Januari akan dilakukan tracing terhadap staf yang melakukan kontak erat dengan bupati di lingkup Sekretariat Kabupaten Sleman di Pendopo Parasmya. 

Sekda Sleman menegaskan juga bahwa program pemberian pemberian vaksin akan tetap berjalan sesuai amanat pemerintah pusat. Diharapkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif mensukseskan program vaksin Covid-19 agar Sleman segera terhindar dari Covid-19. (Ron)