Askrindo Gandeng BAZNAS dalam Penyaluran Donasi Program Pendidikan dan Kesehatan

ANP • Friday, 22 Jan 2021 - 09:37 WIB

JAKARTA - PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) kembali bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam upaya pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya mustahik. Kerja sama kali ini berupa penyaluran donasi yang bersumber dari dana Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT Askrindo, yang akan difokuskan pada program pendidikan dan kesehatan. Penyerahan donasi dilakukan secara daring pada Kamis (21/1).

Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. H. Noor Achmad, M.A., mengapresiasi penyaluran donasi dari PT Askrindo kepada masyarakat melalui BAZNAS. Apalagi, ini bukanlah pertama kalinya BAZNAS dan Askrindo saling bersinergi. 

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi adanya bantuan dari PT Askrindo, karena akan sangat bermanfaat bagi mereka yang benar-benar membutuhkan. BAZNAS akan menyalurkan donasi ini untuk mengoptimalkan program pendidikan dan kesehatan bagi para mustahik," kata Noor. 

Noor yakin, Askrindo telah melaksanakan Undang-undang TJSL dan BAZNAS siap menyampaikan kepada seluruh pihak mengenai apa yang Askrindo lakukan telah menjadi bagian penting dari upaya menyejahterakan umat. 

Donasi akan disalurkan melalui program kesehatan, pendidikan dan dakwah antara lain dengan membangun rumah tahfidz bagi anak-anak kurang mampu, operasi katarak dan sunatan masal gratis serta bantuan perlengkapan untuk masjid.

Noor menambahkan, dengan adanya penyaluran donasi seperti ini, diharapkan dapat menggerakkan berbagai pihak untuk turut bergotong royong membantu masyarakat. Dampak dari pandemi, lanjut Noor, telah menyasar berbagai sektor, termasuk kesehatan dan pendidikan.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan Askrindo dapat menambah berkah sekaligus keluarga besar Askrindo mendapat perlindungan dari Allah  SWT dan lebih sukses ke depan,” katanya.

Direktur SDM dan Kepatuhan Askrindo, Kun Wahyu mengakatan, banyak hal yang telah Askrindo lakukan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan melalui dana TJSL. 

“Kami berterimakasih banyak atas kolaborasi ini karena membuat kami di Askrindo menjadi lebih mudah untuk bisa melaksanakan amanah yang diberikan kepada kami. Kolaborasi ini merupakan perwujudan dari core value AKHLAK yang sekarang diterapkan BUMN dan anak perusahaannya,” katanya.

Sebelumnya, kerja sama antara PT Askrindo dan BAZNAS telah terjalin sejak tahun 2019 melalui berbagai program. Pada tahun 2019, tercatat PT Askrindo dan BAZNAS bersinergi dalam pembangunan masjid bagi masyarakat korban bencana di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah; renovasi ruang kelas dan penyediaan laboratorium bahasa di Makassar, penyediaan ambulans jenazah di Makassar; penyediaan perahu nelayan di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah; dan penyaluran APD, handsanitizer, masker, suplemen serta makanan siap saji kepada masyarakat.

Kemudian pada tahun 2020, keduanya kembali berkolaborasi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam program pembangunan Rumah Tahfiz di lingkungan SMP Cendekia BAZNAS, program operasi katarak dan khitanan massal di Jabodetabek dan Ternate, serta program penyediaan perlengkapan Masjid Al-Askar di Desa Doda, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. (ANP)