ACT Kirim Kapal Kemanusian Bawa 1.000 Ton Bantuan Untuk Korban Gempa Sulbar

FAZ • Wednesday, 27 Jan 2021 - 14:59 WIB

Jakarta - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap atau ACT mengirimkan Kapal Kemanusiaan yang berisikan 1.000 ton bantuan pangan dan logistik ke Sulawesi Barat, Rabu (27/1/2021).

Bantuan tersebut untuk membantu masyarakat terdampak bencana alam gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo yang mengguncang wilayah Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene.

Presiden ACT, Ibnu Khajar menyampaikan, bahwa kapal kemanusiaan itu merupakan bentuk besar kedermawanan masyarakat Indonesia.

Ia menambahkan bahwa di lokasi, pihaknya sudah menyiapkan 81 posko dan 400 relawan untuk mendistribusikan bantuan logistik tersebut. Dia mengatakan bantuan ini diperkirakan akan tiba pada Sabtu (30/1) mendatang.

Saat ini, menurut data yang dihimpun, korban bencana yang mengungsi sebanyak 78 ribu jiwa. Harapannya, bantuan kemanusiaan ini bisa mencukupi kebutuhan sampai 2 bulan ke depan.

“Setelah ini dikirim rabu ini, 3 hari 4 malam akan nyampe. Perkiraan kita 1.000 ton ini bisa sampai 1 sampai 2 bulan kebutuhan logistik,” imbuhnya.

Kapal Kemanusiaan ini akan membawa 500 ton beras yang dikumpulkan dari Lumbung Pangan Wakaf/LPW Global Wakaf ACT dan 500 ton sisanya terdiri dari air minum wakaf, pangan, selimut, dan kebutuhan logistik para korban bencana.

"Kehadiran kapal kemanusiaan ini akan memperkuat agenda pendistribusian bantuan yang meluas ke masyarakat terdampak," kata Ibnu di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Kapal Kemanusiaan ini nantinya tidak hanya diberangkatkan dari Jakarta saja, melainkan juga sejumlah wilayah lainnya seperti Sumatera hingga Surabaya. Untuk yang diberangkatkan dari Jakarta diperkirakan sampai di Sulbar dalam empat sampai lima hari ke depan.

"Kami akan mengirimkan kapal kemanusiaan ke Majene dan Mamuju dari tiga titik. Insyaallah 1.000 ton akan kami kirimkan dari pelabuhan Tanjung Priok, cabang-cabang ACT di Jawa Barat, Banten, dan Jakarta," ujarnya.

Sementara itu, turut hadir dalam acara pelepasan Kapal Kemanusiaan perwakilan Pemprov DKI Jakarta yakni Deputi Gubernur Bidang Pariwisata Dadang, menyampaikan rasa apresiasinya kepada ACT.

"Karena itu apresiasi sangat tinggi kepada ACT yang selalu hadir dalam barisan depan yang kali ini melayangkan satu kapal kemanusiaan berisi ribuan ton logistik untuk saudara-saudara kita terdampak bencana di Sulawesi Barat," tutur Dadang.