Ditarget Vaksin 1.000 Nakes, KKP Semarang Buka Posko Akselarasi Vaksinasi

MUS • Thursday, 28 Jan 2021 - 15:15 WIB

Semarang - Untuk mempercepat Vaskinasi Covid-19 kepada nakes di Kota Semarang, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang membuka posko yang dimulai pada, Jumat besok 29 Januari 2021 mulai pukul 08.00 WIB.

Menurut Kepala KKP Semarang, dr. Aryanti, sesuai arahan gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kementrian kesehatan, KKP Semarang menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang diminta mendorong percepatan vaksinasi kepada nakes di Jawa Tengah, terutama Kota Semarang.

“Saat ini kami mengajak seluruh tenaga kesehatan, untuk mendaftarkan di posko akselerasi vaksinasi covid, yang berada di KKP, untuk persayaratan para nakes cukup membawa KTP, STR (surat tanda registrasi), surat ijin praktek, surat keterangan dimana bekerja termasuk klinik dan fasilitas kesehatan,” tambah Aryanti saat mengudara di MNC Trijaya FM Semarang melalui sambungan telpon.

Salah satu tujuan dibukanya posko akselerasi vaksin bagi nakes, untuk membantu capaian target penuntasan seluruh nakes di kota Semarang yakni tanggal 29 Januari 2021, dimana sampai tanggal 27 Januari 2021 telah mencapai 54%, Lanjut Aryanti pihaknya ditarget memberikan 1.000 nakes dengan alokasi vaksin dari DKK Semarang.

“Selain itu posko ini juga untuk membantu para nakes yang kesulitan mendapatkan tiket vaksin tahap pertama,” tukas Aryanti.

Diharapkan pada tanggal 29 Januari semua nakes sudah menerima vaksin, tapi jika belum maka akan dibuka pada hari berikutnya. Disinggung soal kesiapannya, Aryanti mengatakan pihaknya menyediakan 12 vaksinator yang sudah bersertifikat dan untuk kelengkapan lainnya dibantu dari Poltekes Semarang.

Dihubungi terpisah PIC Vaksinasi KKP Semarang dr. Fatma Indrayati mengatakan, animo tenaga kesehatan Kota Semarang diluar dugaan sangat bersemangat untuk menjadi penerima vaksin. 

“Mulai kita buka kemarin, (27/1) sudah ada 800an yang masuk, dan tim masih kerja keras untuk melakukan pengecekan data dan menghubungi satu persatu, agar besok proses vaksinya lebih cepat dan bisa mengcover sebanyak mungkin”

Saat berita ini diturunkan, KKP Semarang masih terus melakukan pendataan nakes yang sudah memenuhi syarat sesuai ketentuan dari Vaksin Covid 19 dari sinovac. (Den)