Rumah Warga di Dusun Botteng Utara 90% Hancur Akibat Gempa Sulbar

FAZ • Friday, 29 Jan 2021 - 20:20 WIB

Mamuju - Gempa dahsyat berkekuatan 6,2 magnitudo yang mengguncang Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) pukul 02.28 WITA meluluhlantakan fasilitas umum serta permukiman warga. Ribuan kepala keluarga (KK) yang kehilangan tempat menjadi pengungsi.

Desa yang terdampak cukup parah yaitu Desa Botteng Utara, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Kepala Desa Botteng Utara, Syahril mengatakan, rumah warga di wilayahnya hampir 90 persen mengalami kerusakan. Bahkan diantaranya sampai rata dengan tanah.

"Di desa kami sekitar 90 persen semuanya rusak, sudah nggak bisa ditempati karena retak dan banyak yang roboh," kata Syahril di Posko pengungsian Desa Botteng Utara Dusun Sendana, Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (29/1/2021).

Kepala Desa Botteng Utara, Syahril, Jumat(29/1/2021)

Menurutnya, ada sekitar kurang lebih 300 rumah warga di Botteng Utara alami kerusakan dari mulai rusak ringan hingga berat. Syahril dan warga lainnya berharap adanya bantuan dari pemerintah terkait hal tersebut.

"Oleh sebab itu kami berharap pemerintah bisa membantu ke desa kami untuk menanggulangi rumah-rumah penduduk yang sudah runtuh. Hampir semua rumah di sini sudah rata dengan tanah, tinggal atap yang kelihatan," tuturnya.