Lanjutkan Pembangunan Gedung Baru Kantor Walikota Kendari, Sisa Bangunan Lama Dirobohkan

MUS • Friday, 29 Jan 2021 - 20:49 WIB

Kendari - Pemerintah kota (Pemkot) Kendari kembali melanjutkan pembangunan gedung kantor Walikota, meski proses rehab sempat tertuda akibat pandemi covid-19 yang melanda sehingga terjadi refocusing Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

Dari pantauan di lokasi pembangunan, dua alat berat ekskavator mulai beroperasi mulai merobohkan fisik bangunan lama Kantor Walikota Kendari yang saat ini fokus pada sayap gedung lama yang berada di Jalan Balaikota 1 Mandonga.

Sekretaris Kota Kendari Nahwa Umar didampingi Kadis PUPR, Kepala Bappeda turut hadir dan menyaksikan proses pembongkaran tersebut, Jumat (29/1/2021).

Nahwa Umar mengatakan, sebelum pembongkaran gedung pemkot sudah menuntaskan identifikasi aset-aset baik yang akan dipindahkan, digudangkan maupun aset yang ikut dihancurkan dengan gedung tersebut.

“Meski proses renovasi sempat tertunda karena refocusing Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020, serta adanya pandemi Covid-19. Namun, dipastikan pembangunan gedung tersebut akan rampung tepat waktu pada Oktober 2022 mendatang,” ungkap Nahwa Umar.

Nahwa Umar berharap dalam proses pengerjaan berjalan lancar dan dipercepat pembangunannya agar segera dimanfaatkan. Selain itu pembangunan kantor baru harus tetap memprioritaskan aspek teknis dan kualitas serta mengutamakan keselamatan kerja.

Diketahui, pencanangan rehab kantor wali kota sudah digaungkan sejak tahun 2019. Anggaran tahap I sebesar Rp 60 miliar sudah digelontorkan dari target total anggaran Rp 150 miliar.

Dari sisi konstruksi, gedung baru yang berdiri di atas lahan seluas 6,3 hektare itu terdiri atas lima lantai gedung podium, tiga lantai gedung parkir, sembilan lantai gedung tower. Pembangunannya menggunakan konsep Green Building dan Smart Building. (HenQ)