Kapok Pakai WhatsApp? ini Keunggulan Telegram

MUS • Saturday, 30 Jan 2021 - 14:01 WIB

 

Jakarta - Ketika WhatsApp melempar aturan privasi baru, pengguna ramai-ramai mencari tahu aplikasi sejenis. Salah satunya Telegram.

Telegram adalah aplikasi kirim pesan yang fokus pada kecepatan dan keamanan, sederhana, dan gratis. Pengguna dapat menggunakan Telegram di berbagai perangkat secara bersamaan.

Melansir laman resmi Telegram, pesan yang masuk atau keluar dipastikan akan tersinkron di sejumlah ponsel, tablet, atau komputer pengguna. Saat ini, Telegram mengklaim memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan, dan menjadi salah satu dari 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di Telegram.

Berbagai fitur menarik disuguhkan Telegram. Pengguna bisa mengirimkan pesan teks, foto, video, dan fail, dalam bentuk apapun, termasuk doc, zip, mp3, dan lainnya.

Fitur grup atau channel di Telegram juga bisa berisikan hingga 200.000 anggota, untuk membagikan segala macam informasi tanpa batas.

Pengguna bisa mengirimkan pesan ke daftar kontak yang ada di ponsel. "Telegram seperti SMS dan email, yang dapat menangani semua kebutuhan perpesanan dan bisnis Anda," tulis Telegram.

Selain itu, Telegram juga memiliki fitur panggilan suara dan video terenkripsi end-to-end, serta panggilan suara di grup yang bisa diikuti oleh ribuan peserta.

Telegram memastikan aplikasinya tidak akan menampilkan iklan di pesan pribadi atau grup, maupun menjual data penggunanya. Jika menemukan konten, stiker atau bot yang ilegal, Telegram juga menyediakan akses untuk melaporkannya melalui email ke abuse@telegram.org.

"Pengguna juga dapat memanfaatkan tombol 'report' di dalam aplikasi kami," jelas Telegram.

Sebaliknya, jika ada channel, stiker atau bot milik pengguna yang tiba-tiba diboikot tanpa keterangan, pengguna bisa mengajukan keluhan juga melalui email yang sama.

Tak hanya itu, Telegram juga memiliki fitur People Nearby, yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk menjelajahi grup, mencari pengguna lain. Atau bertukar kontak secara cepat dengan orang yang di sekitar.