Bantu Warga Terdampak Gempa, ACT Bangun 100 Unit Hunian Layak Terpadu

FAZ • Saturday, 30 Jan 2021 - 18:04 WIB

Mamuju - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) hadir memberikan bantuan untuk korban gempa yang terjadi di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Salah satu langkahnya, ACT bangun hunian layak terpadu atau biasa disebut ICS.

ICS dibangun di wilayah Desa Botteng Utara, Kecamatan Simboro, Mamuju, Sulawesi Barat. Botteng Utara merupakan salah satu Desa yang rumah-rumah warganya hampir 90 persen hancur karena gempa.

"Kita tidak hanya family shelter ada juga kita ICS integrated comunity shelter kalau ICS ini huniannya lebih banyak," kata Senior Manager ACT, Dede Abdul Rohman ditemui di lokasi, Sabtu (30/1/2021).

Nantinya akan ada 100 hunian layak bagi para korban-korban gempa di Desa Botteng Utara yang rumahnya hancur. Tidak hanya tempat tinggal saja, nantinya dalam hunian tersebut diberi fasilitas tempat ibadah, sekolah, dapur umum hingga MCK.

Dede mengatakan, penerima hunian layak tersebut tidak sembarangan. Menurutnya, nanti akan ada proses seleksi, salah satunya yang dilihat seberapa parah kerusakan rumah yang dialami.

"Penerima kami akan pelajari datanya, kami juga akan tanya langsung yang bersangkutan soal lahannya," tuturnya.

"Nah ini memang rencana lapangan ini inshallah mudah-mudahan dari teman-teman Indonesia dermawan inshallah ACT membangun ICS di lapangan ini," tandasnya.