Sara'ba dan Sukun, Pangdam Hasanudin Eratkan Silaturahmi dan Soliditas dengan KBT Sultra

MUS • Sunday, 31 Jan 2021 - 10:27 WIB

 

Kendari - Terlihat sederhana namun menarik. Dalam rangka mengeratkan silaturahmi dan soliditas dengan Keluarga Besar TNI di Sultra, Pangdam XIV/Hasanuddin memesan sajian khusus berupa Sara'ba dan Sukun.

Hal ini dikatakan Kapenrem 143/HO Mayor  Arm Sumarsono dalam rilisnya, Kendari, Sultra Sabtu (30/1/2021).

Diungkapkan Kapenrem, setelah kegiatan pertemuan dengan masyarakat Kecamatan Lalembu, Pangdam XIV/Hasanuddin didampingi Danrem 143/Halu Oleo Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan melaksanakan pertemuan dengan Keluarga Besar TNI di Sultra.

"Dihadiri sekitar 200 orang KBT, yaitu dari Pepabri, LVRI, Warakawuri, PPAD, FKPPI dan PPM. Tidak saja tatap muka langsung bersama Pangdam di Aula Sudirman Makorem, namun juga secara virtual di seluruh wilayah Sultra," ujar Sumarsono.

Terkait dengan peserta dan lokasi kegiatan, Sumarsono sampaikan bahwa pertemuan virtual dilaksanakan di Makodim setempat dan Yonif 725/Woroagi.

"Yaitu di Makodim 1417/Kendari,  1412/Kolaka,  1413/Buton, 1416/Muna serta 1429/Butur,” ujar Sumarsono.

Dikatakan Sumarosno, dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan, Pangdam XIV/Hsn secara khusus meminta Sara'ba dan sukun goreng untuk disajikan dalam acara tersebut.

"Sara'ba merupakan minuman khas dan favorit masyarakat Sulawesi termasuk Sultra, yang terbuat dari kelapa serta gula merah dan disajikan secara hangat. Demikian juga dengan Sukun, merupakan camilan yang disukai masyarakat," kata Sumarosno 

"Secara filosofi, kehangatan dan rasa manis Sara'ba ditambah dengan rasa gurih sukun membangun rasa kehangatan dan kebersamaan antara Pangdam dengan para KBT. Harapannya juga, belaiu ingin membantu para purnawirawan sejahtera," tambahnya.

Sementara itu, saat memberikan sambutan kepada peserta yang hadir secara langsung maupun virtual, Pangdam XIV/Hassanudin Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengatakan bahwa ia merupakan bagian dari KBT dan mengajak agar jangan sungkan-sungkan dalam berkomunikasi.

“Saya datang kesini karena saya merasa bahwa saya adalah bagian dari bapak - bapak dan Ibu-ibu sekalian, apabila ada yg ingin disampaikan jangan sungkan - sungkan silahkan disampaikan,” kata Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

“Tak terasa sudah 1 tahun saya menjabat Pangdam XIV/Hsn, jadi seyogyanya saya harus mengetahui dan mengunjungi wilayah administrasi Kodam XIV/Hsn, dan sore ini bisa bertatap muka dengan Bapak - bapak dan Ibu-ibu sekalian,” lanjutnya

Dalam kesempatan itu, Andi Sumangerukka sangat berharap agar TNI dan Keluarga Besar TNI senantiasa menjadi organisasi yang solid.

"Saya berharap organisasi kita ini harus solid, jangan sampai terpengaruh karena kita NKRI dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Saya membuka ruang untuk Bapak-bapak dan Ibu-ibu silahkan komunikasi dengan saya. Dengan segala kekurangan saya Insyah Allah saya akan bantu,” tandas Andi Sumangerukka.

Andi Sumangerukka pun menghimbau agar para prajurit dan KBT tetap mengedepankan protokol kesehatan agar bisa menjaga kesehatan.

“Dikaitkan dengan pandemi sekarang ini, Virus Covid 19 sampai ini masih belum berakhir, rentan menyerang orang lanjut Usia dan yang mengidap penyakit bawaan, untuk itu agar kita semua menjaga kesehatan dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan mengikuti disiplin kesehatan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam forum komunikasi tersebut banyak saran dan masukan dari para purnawirawan kepada Pangdam XIV/Hsn.

"Saya akan berupaya membantu dan mewujudkan keinginan bapak-bapak dan Ibu-ibu. Nanti ada yang langsung saya tindaklanjuti dan juga ada yang ditindaklanjuti melalui staf Kodam maupun Korem,” tegas Pangdam sembari menutup sesi jawab. (HenQ)