Gempa 4,4 Magnitudo Kembali Mengguncang Majene dan Mamuju

FAZ • Sunday, 31 Jan 2021 - 19:48 WIB

Mamuju - Gempa bumi susulan kembali mengguncang Provinsi Sulawesi barat pada Minggu, 31 Januari 2021 malam.

Informasi tersebut disampaikan Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar Darmawan, melalui keterangan tertulisnya.

Gempa bumi tersebut terjadi pada Minggu, 31 Januari 2021, pukul 20.13 WITA atau 19.13 WIB. Gempa bumi susulan di Provinsi Sulawesi Barat tersebut memiliki kekuatan magnitudo 4,4.

Pusat gempa berlokasi di 3,14 LS – 119,09 BT 45 kilometer Timur Laut Majene, Sulawesi Barat, dengan kedalaman 14 kilometer.

Berdasarkan pantauan Jurnalis MNC Trijaya di lapangan, getaran terasa sekira beberapa detik. Seketika warga yang di rumah berhamburan keluar. Mereka sebagian terdengar ada yang berteriak memberikan imbauan kepada sesama warga lainnya.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Majene III MMI (Getaran dirasakan nyata di dalam rumah), serta Mamuju dan Mamasa II MMI( Getaran dirasakan oleh beberapa orang).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ). 

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.