Kunker Hari Ketiga, Gubernur Sultra Tinjau Sejumlah Obyek Pembangunan di Kabupaten Buton

MUS • Monday, 1 Feb 2021 - 00:04 WIB

Buton - Kegiatan kunjungan kerja Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi beserta rombongan OPD di Kabupaten Buton, Minggu (31/1/2021), memasuki hari ketiga.

Menjelang siang sebelum melanjutkan kunjungan kerja, Gubernur Ali Mazi sempat berdiskusi ringan dengan La Bakry dan Iis Eliyanti Bupati dan Wakil Bupat Kabupaten Buton. Banyak hal yang didiskusikan, namun dari semua hal tersebut gubernur menekankan bagaimana membangun pemerintahan yang amanah dan membangun masyarakat yang sejahtera dan menciptakan sumber daya manusia yang handal. 

Kadis Kominfo Prov.Sultra M. Ridwan Badallah dalam wawancara bersama MNC Trijaya menjelaskan agenda kerja Gubernur pada hari ini adalah rangkaian kerja di hari sebelumnya setelah mengunjungi Kota Bau-Bau dan melihat sejumlah obyek pembangunan.

Ridwan Badallah yang ikut beserta rombongan kerja Gubernur menjelaskan, tepat pukul 12.30 Wita Gubernur Ali Mazi beserta rombongan kerja yang terdiri dari OPD Pemerintah Provinsi beserta Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Buton melanjutkan kunjungan kerja.

Kunjungan pertama dilakukan di Pelabuhan Banabungi. Beberapa menit gubenur memantau dan ditemani diskusi dengan kadis Perhubungan, Hado Hasina yang menjelaskan perlunya rehabilitasi pelabuhan tersebut. 

Kunjungan selanjutnya, Gubernur meninjau Pusat Penampungan Ikan (PPI) Banabungi, yang pembangunannya dikerjakan pada periode pertama Gubernur Ali Mazi. Oleh sebab itu, Gubernur mengingatkan agar pemerintah Kabupaten Buton merawat, memelihara dan menjaga PPI yang memiliki coolstorage. 

Kunjungan berikutnya, Gubernur mengunjungi kantor Bupati dan meninjau lapangan upacara serta kegiatan masyarakat agar dibangun dengan baik dan diperluas. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dalam kegiatan-kegiatan besar dan juga menjadi spot wisata maupun swa foto. 

Selanjutnya Gubernur meninjau Sarana Olah Raga (SOR) yang dibangun untuk persiapan Porprov 2022 di Kabupaten Buton. Karena medan yang cukup berat dan terjal maka gubernur beserta rombongan tidak mencapai titik pembangunan. Kemudian menggunakan drone melihat kondisi titik pembangunan lapangan olah raga tersebut. 

Berikutnya Gubernur mengunjungi eks kantor Bupati yang direncanakan digunakan untuk pembangunan Politeknik Ilmu Perikanan. Hal ini digagas Gubernur bersama Bupati Buton karena potensi sumber daya perikanan di Buton cukup strategis. 

"Terakhir Gubernur Ali Mazi beserta rombongan kerja kembali ke Kota Bau-Bau guna mempersiapkan kegiatan di hari ke empat Kunjungan kerja," jelas Ridwan Badallah.

Ketika ditanya agenda kerja Gubernur Ali Mazi Senin esok, Kadis Kominfo Ridwan Badallah menjelaskan bahwa Senin 1 Februari 2021, Gubernur akan menyambut kedatangan tim dari Kemenko Maritim dan Investasi yang direncanakan tiba pada pagi hari melalui bandara Betoambari Bau-Bau.

Selanjutnya Gubernur beserta tamu menuju Lawele untuk meninjau kesiapan Asbuton di lokasi penyimpanan PT. Wijaya Karya Bitumen dan PT. Kartika Prima Abadi. Dimana kedua perusahaan inilah yang menjamin ketersediaan Asbuton untuk digunakan sebagai bahan utama pelapisan jalan nasional. Kedua perusahaan ini telah menyatakan siap memenuhi tonase Asbuton yang diperlukan.

Peninjauan dilanjutkan ke Pelabuhan Nambo di Nambo, dan Pelabuhan Banabungi di Pasarwajo. Kedua pelabuhan ini berstatus Pelabuhan Penggunaan Khusus yang akan digunakan sebagai pelabuhan utama pengapalan dan pengiriman Asbuton ke sejumlah lokasi proyek Jalan Nasional.

Nantinya seluruh data yang diperoleh Tim Kemenko Marves kemudian akan dibicarakan dalam rapat interim antara Tim Kemenko Marves, Perusahaan Pengolahan Asbuton, Pemprov Sultra, dan Pemkab Buton, di Rumah Jabatan Bupati Buton. (Diskominfo Sultra/ HenQ)