Saudi Larang Pendatang dari 20 Negara, Termasuk Indonesia

MUS • Wednesday, 3 Feb 2021 - 07:42 WIB

Riyadh – Arab Saudi melarang masuk warga dari 20 negara, untuk menekan penyebaran covid-19 di kerajaan itu. Larangan ini mencakup warga negara dari Mesir, Uni Emirat Arab, Lebanon, Turki, Inggris, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Portugal, Swedia, dan Swiss. Negara lainnya yang terdampak adalah AS, Argentina, Brasil, Pakistan, India, Indonesia, Jepang, Pakistan, dan Afrika Selatan.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan pelarangan berlaku mulai Rabu (3/2) pukul 21.00 waktu setempat atau Kamis (4/2) pukul 01.00 WIB, hingga waktu yang belum ditentukan.

"Warga negara Saudi, diplomat, praktisi kesehatan dan keluarganya yang berasal dari negara-negara yang disebutkan atau mereka yang transit salah satu negara tersebut selama 14 hari sebelum mereka kembali ke Kerajaan akan memasuki Kerajaan sesuai dengan tindakan pencegahan yang diberlakukan oleh Kementerian Kesehatan,” lanjut sumber itu.

Warga Saudi yang ingin pulang, termasuk diplomat dan pekerja Kesehatan yang datang dari negara-negara tersebut, tetap diizinkan masuk tapi harus menjalani serangkaian prosedur pencegahan.

"Warga negara Saudi, diplomat, praktisi kesehatan dan keluarganya yang berasal dari negara-negara yang disebutkan atau mereka yang transit salah satu negara tersebut selama 14 hari sebelum mereka kembali ke Kerajaan akan memasuki Kerajaan sesuai dengan tindakan pencegahan yang diberlakukan oleh Kementerian Kesehatan,” jelas Kementerian Dalam Negeri Saudi pada keterangannya.