PT KAI Hadirkan Layanan GeNose Test Covid-19 di Stasiun

MUS • Friday, 5 Feb 2021 - 11:19 WIB

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia menghadirkan layanan GeNose test di stasiun Pasar Senen Jakarta dan stasiun Yogyakarta, mulai hari ini Jum’at (5/2/2021). Para calon penumpang yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh dengan kereta, bisa memilih 2 test covid di stasiun. Yakni test antigen dan test GeNose. Untuk tarif test GeNose lebih murah dibanding test lainnya, cuma 20 ribu rupiah.

Test GeNose ini dilakukan dengan cara meniup udara ke dalam kantung udara yang telah disediakan, lalu calon penumpang meniup kantung udara tersebut selama 3 kali. Setelah itu, kantung udara tersebut langsung dicek oleh petugas untuk melihat apakah ada virus di tubuh calon penumpang melalui hembusan nafasnya.

Vice President Public Relations dari PT KAI, Joni Martinus menyampaikan bahwa test-test ini sudah tersedia di 4 stasiun, yaitu Stasiun Pasar Senen Jakarta, Stasiun Gambir Jakarta, Stasiun Tugu Yogyakarta dan Stasiun Solo Balapan.

Joni juga mengatakan, hasil test GeNose keluar lebih cepat dibanding swab dan antigen, hanya sekitar 3 menit. Alat test GeNose ini masih dalam tahap screening awal sehingga hasil test tidak terlalu akurat, tapi bisa menjadi seleksi dini untuk orang-orang yang terindikasi covid.

Joni pun memberi beberapa tips bagi para calon penumpang sebelum menjalani test GeNose. “Jidak makan, minum ataupun merokok sebelum test GeNose ini. Kecuali minum air putih 30 menit sebelum test, karena dikhawatirkan mengurangi akurasinya”” imbau Joni. (Daf)