PMI Himpun Rp5,2 Miliar Bantuan untuk Sulbar

MUS • Monday, 8 Feb 2021 - 19:47 WIB

Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) kembali menerima donasi untuk disalurkan ke penyintas gempa di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Kali ini, grup Bank Kookmin mendonasikan Rp 2,4 miliar lebih atau setara 200 juta won ke PMI pada Senin (8/2/2021). Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) memastikan bantuan tersebut akan disalurkan PMI dengan cepat dan tepat.

Sejak program penggalangan dana gempa Sulbar dimulai, secara total PMI telah menghimpun Rp  5,275,047,867. Donasi yang berasal dari masyarakat dan korporasi tersebut disalurkan PMI dengan segera. JK mengatakan, upaya PMI dalam membantu pemerintah menangani bencana tersebut antara lain berupa pemenuhan kebutuhan dasar penyintas, pelayanan kesehatan, pendampingan psikososial, hingga penyediaan fasilitas kebersihan dan sanitasi.

"Semua bantuan PMI ini tidak terlepas dari donasi banyak pihak, oleh karena itu saya ucapkan terima kasih atas bantuan Bank Bukopin dan KB Multi Finance (grup Kookmin) ini," katanya saat seremoni penerimaan donasi secara virtual di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Presiden Direktur Bank Bukopin Rivan Purwantono mengatakan, donasi dari pihaknya merupakan bentuk kepedulian terhadap kemanusiaan. Ia menambahkan, pihaknya berbelasungkawa atas sejumlah bencana yang terjadi di Indonesia. Karenanya, pihaknya menyerahkan sejumlah donasi tersebut untuk meringankan beban penyintas bencana di Indonesia.

"Terima kasih atas respon PMI sangat cepat sekali, karena itu kami menyerahkan donasi ini untuk diserahkan ke Sulbar. Semoga dapat meringankan penyintas bencana," tukasnya.

Sejak medio Januari, PMI telah menerjunkan 250 personel baik dari pusat maupun PMI wilayah ke lokasi bencana. Sejumlah personel bencana dan kesehatan tersebut telah mendistribusikan sejumlah kebutuhan dasar serta memberikan pelayanan kesehatan. Selain personel, PMI juga mengerahkan 15 unit ambulans, 3 truk logistik, 11 truk tangki, 2 mobil kabin ganda, 8 mobil operasional, 6 mobil bak terbuka, 8 motor trail, dan 1 unit mobil listrik.