Bupati Sleman Ajak Manfaatkan Lahan Tidur jadi Lahan Pertanian

MUS • Monday, 8 Feb 2021 - 20:27 WIB

Sleman - Bupati Sleman, Sri Purnomo menghimbau masyarakat agar memanfaatkan lahan tidur untuk diolah menjadi lahan pertanian. Bupati menyampaikan hal itu saat melakukan penanaman bibit sayur dan buah buahan bersama Tim PKK Kab. Sleman di lahan kosong yang terletak di Rumah Dinas Bupati Sleman, Senin (8/2).

"Lahan dengan luas total +- 6 hektar, yang sudah ditanami seluas kurang lebih 1 hektar disulap menjadi lahan pertanian yang ditanami banyak sayuran dan buah-buahan seperti semangka,melon,bawang merah,cabe,kol dan masih banyak lagi, yang dikelola oleh Ibu-ibu PKK dan ibu Pokja III," ujarnya

Sri Purnomo menambahkan pengelolaan lahan ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak muda bahwa bidang pertanian juga menghasilkan. Ia berharap kedepannya agar sektor pertanian bisa digarap oleh anak-anak muda.

Sementara itu Ketua PKK Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan bahwa inisiasinya tersebut berdasarkan surat edaran dari Pemerintah Provinsi DIY untuk mengelola lahan kosong disekitar. Ia berharap hal tersebut dapat menjadi upaya mempertahankan kebutuhan pangan masyarakat ditengah pandemi ini.

"Untuk memanfaatkan lahan kosong yang beberapa tahun kedepan akan dibangun komplek perkantoran pemda, kita manfaatkan dulu untuk ditanami bibit sayur dan buah-buahan. Harapannya ini sebagai upaya mempertahankan kebutuhan pangan masyarakat di masa pandemi," ungkapnya.

Kustini menambahkan jika masyarakat khususnya anak muda yang ingin belajar tentang pertanian bisa langsung datang ke lahan pertanian tersebut tanpa dipungut biaya. "Selain menjadi wadah belajar pertanian bagi anak-anak sekolah, tempat ini juga bisa menjadi wadah rekreasi," katanya. (Ron)