Gunung Sinabung Luncurkan Guguran Awan Panas Sejauh 2 Km

FAZ • Tuesday, 16 Feb 2021 - 14:47 WIB

Karo - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara (Sumut) kembali erupsi dengan meluncurkan guguran awan panas sejauh 2 kilometer (km), Selasa (16/2/2021). Guguran awan panas timur dan Selatan Gunung Sinabung.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra mengatakan selain memuntahkan guguran awan panas, Gunung Sinabung terpantau mengeluarkan asap kawah berwarna putih intensitas sedang dengan tinggi kolo, 200 meter. Guguran awan panas ini tercatat dengan amplitudo 120 mm dengan durasi gempa selama 270 detik.

"Cuaca cerah dan berawan dan angin bertiup lemah hingga sedang ke arah tenggara dan selatan. Suhu udara 19-26 derajat Celcius," ujar Armen Putra.

Saat ini Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga).  Warga maupun petani direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung.

Selanjutnya radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

Selain itu, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanis yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.