"Salem" Bawa Musisi Indonesia, Andrea Turk jadi finalis IAMA 2021

MUS • Tuesday, 16 Feb 2021 - 18:24 WIB

Jakarta - Andrea Turk menjadi finalis kategori Best Female Artist di International Acoustic Music Awards-Excellence in Acoustic Music (IAMA) ke-17 tahun 2021 lewat lagu "Salem" yang dibawakan bersama Dewa Budjana.

Lagu tersebut juga masuk ke dalam Playlist Global Spotify "Fresh Finds: Pop".

Proyek "Salem" digarap Andrea bersama Dewa Budjana sejak Juli 2019. Andrea mengaku, "Salem" adalah lagu yang ditulis untuk tugas kelas Bahasa Inggris di SMA. Saat itu, Andrea mengerjakan tugas seni yang berkenaan dengan drama Amerika "The Crucible" karya Arthur Miller (1953).

Lagu ini menceritakan kisah indah namun tragis dari persidangan penyihir Salem yang terjadi pada 1692 di Salem Village, Massachusetts.

Pada liriknya dikisahkan kesedihan John Proctor, tokoh protagonis dalam drama yang harus kehilangan semua yang dimilikinya karena perselingkuhan fatal dengan Abigail Williams, seorang gadis berusia 11 tahun yang memulai semua tuduhan yang mengarah ke pengadilan penyihir Salem.

Proctor tewas karena tidak bisa memaafkan dirinya sendiri untuk banyak nyawa tak berdosa yang dia renggut, dan yang paling penting, untuk menyakiti yang paling dia pedulikan, Elizabeth istrinya.

"Kita semua bisa sangat berhubungan dengan beban emosional, semua penyesalan dan rasa sakit, yang dimiliki John dibawa terus sampai sisa waktu hidup dia di dunia ini. Salem mengingatkan kita bahwa tidak peduli berapa lama kesalahan sudah kita buat, itu akan terus menghantui sampai kita belajar untuk memaafkan dan bersikap baik kepada diri sendiri," katanya pada Juni 2020. (Ant)