Sri Purnomo Luncurkan Program Nyamuk Aman Cegah DBD di Sleman

MUS • Tuesday, 16 Feb 2021 - 18:31 WIB

Sleman - Pemerintah Kabupaten Sleman kembali meluncurkan inovasi dalam pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Sleman. Bekerja sama dengan Yayasan Tahija dan World Mosquito Program, kali ini Pemkab Sleman meluncurkan Si Wolbachia, Nyamuk Aman Cegah DBD Sleman (Si Wolly Nyaman).

Peluncuran program tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo yang ditandai dengan penyerahan bibit nyamuk yang telah diberikan bakteri Wolbachia, kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Joko Hastaryo di Smart room Kantor Dinas Kominfo Sleman, Selasa (16/2).

“Ini (program Si Wolly Nyaman) merupakan upaya dalam pengendalian DBD. Sebelumnya telah banyak upaya yang dilakukan pemkab sleman yaitu membentuk Pokjanal dan upaya lainnya,” jelas Kepala Dinkes Sleman, Joko Hastaryo

Terkait kasus DBD di Sleman, Joko juga mengungkapkan adanya kenaikan jumlah kasus DBD di Sleman pada tahun 2020. Sebanyak 810 kasus ditemukan di Sleman pada tahun 2020. Angka tersebut mengalami kenaikan cukup signifikan dibanding pada tahun 2019 yaitu sejumlah 728.

Wolbachia juga dinilai efektif dalam menurunkan penularan virus dengue. Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua Yayasan Tahija, Trihadi Saptoadi. Dirinya menyebut Wolbachia ini terbukti menurunkan 77 persen kasus DBD dari hasil efikasi di Kota Yogyakarta.

“Sleman akan menjadi wilayah pertama dalam implementasi program ini. Jadi bukan hanya untuk menekan kasus, tapi juga implementasi dan kita harapkan menjadi role model bagi wilayah lain,” katanya.

Senada dengan pernyataan tersebut, Team Leader WMP, Riris Andono Ahmad menyebut selain memiliki kemanjuran sebesar 77 persen, teknologi program Wolbachia tersebut dinilai aman dan ramah lingkungan serta mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Metode tersebut jika diimplementasikan di masyarakat yaitu dengan meletakkan ember berisi telur nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia di rumah warga dan dibiarkan untuk berkembangbiak menjadi nyamuk dewasa. Selanjutnya, nyamuk dengan Wolbachia tersebut akan melakukan perkawinan dengan nyamuk local, sehingga keturunannya menjadi nyamuk dengan Wolbachia.

Bupati Sleman Sri Purnomo dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap peluncuran program Si Wolly Nyaman. Adanya inovasi dalam pengendalian DBD tersebut diharapkan dapat memberikan hasil yang efektif dan dapat menghindarkan masyarakat dari kasus DBD. (Ron)