Vaksinasi COVID-19 bagi Petugas Pelayan Publik Dimulai, 1.500 Pedagang Pasar Tanah Abang Disuntik Hari Ini

ANP • Wednesday, 17 Feb 2021 - 22:44 WIB

Jakarta - Kementerian Kesehatan telah memulai vaksinasi tahap dua bagi kelompok petugas pelayan publik. Hari ini Kemenkes menyasar pedagang di Pasar Tanah Abang untuk divaksinasi COVID-19.

Total pedagang yang akan divaksinasi sekitar 9 ribu orang. Per hari nya akan disuntik 1.500 orang.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Pasar Tanah Abang ini dilakukan bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Ada beberapa Puskesmas yang dilibatkan yakni Puskesmas Tanah Abang, Puskesmas Senen, Puskesmas Kemayoran, Puskesmas Taman Sari, dan Puskesmas Cengkareng.

Untuk sementara, pedagang yang divaksinasi ini berasal dari blok A dan blok B Pasar Tanah Abang. Vaksinasi bagi pedagang di blok lainnya akan dilakukan di sesi berikutnya.

Pedagang yang sudah terdata bisa datang ke lokasi vaksinasi sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Pelaksanaan vaksinasi yang saat ini dilakukan berada di lantai 8 Pasar Tanah Abang bagi pedagang dan lantai 12 A bagi pegawai PD Pasar Jaya.

Vaksinasi tahap dua bagi pedagang ini dilakukan karena mereka dianggap sebagai kelompok rentan tertular virus SARS-CoV-2, mengingat pekerjannya yang langsung kontak dengan pelanggan.

Tak hanya menyasar pedagang pasar, vaksinasi tahap dua ini juga diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang karena profesinya rentan terpapar COVID-19, seperti tenaga pendidik, pelaku pariwisata, petugas pelayanan publik, pekerja transportasi publik, atlet, dan wartawan,  tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, aparatur sipil negara, serta anggota TNI-Polri.

"Diharapkan setelah pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pedagang Pasar Tanah Abang ini dapat dilakukan juga bagi pedagang lainnya di seluruh Indonesia dan semua kalangan dengan profesi yang rentan tertular COVID-19," kata Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes Dr.dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS., Rabu (17/2).

Vaksinasi yang digelar di Pasar Tanah Abang ini dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANP)