Puluhan Paus Terdampar dan Mati di Pantai Bangkalan Madura

MUS • Friday, 19 Feb 2021 - 14:16 WIB

Bangkalan - Puluhan ikan paus terdampar di kawasan pantai Desa Patereman Kecamatan Modung Bangkalan. Menurut Kapolsek Modung AKP Suwaji, sebenarnya ada sekitar 100 ikan paus yang mirip lumba lumba tersebut  terdampar di pantai Desa Pangpajung. Namun berhasil dihalau oleh warga .

"Ada sekitar 100 ekor paus kecil yang mirip lumba -lumba yang berhasil dihalau warga pada hari Kamis pagi sekitar pukul 10.00," katanya.

Namun menjelang magrib, rombongan ikan jenis mamalia tersebut kembali terdampar di pantai Desa Pateremen yang berjarak sekitar 1 km dari lokasi sebelumnya. Sayangnya upaya warga untuk menghalau gagal karena air laut surut dan sudah mulai malam.

"Tidak semuanya kembali terdampar. Sekitar 49 yang terdampar dan kemudian bertambah lagi. Sebagian besar kemudian mati karena tidak berhasil kembali ke laut lepas mengingat kondisi pantai yang mulai surut," lanjut Suwaji.

Saat ini puluhan ikan yang mati tersebut akan dikuburkan di area pantai Desa Pateremen dengan menggunakan alat berat.

"Akan segera kita kuburkan di sekitar pantai. Kita masih menunggu alat berat untuk mengangkat bangkai dari ikan ini," pungkas AKP Suwaji.

Kejadian tersebut menurut warga sekitar sering, banyak ikan besar yang terdampar dan berhasil di halau kembali ke laut. Namun kemarin kondisinya lain,  air laut surut menyebabkan  banyak yang mati.

"Ini sering mas, tapi kemarin surut lautnya jadi banyak yang mati," ujar Miftakul Lukman warga Desa Patereman. (Her)